Hubungan Antar Sikap Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 150 Jakarta

Nono, Yusak (2014) Hubungan Antar Sikap Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 150 Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf

Download (427kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (16kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan yang posetif dan signifikan antara Sikap belajar siswa dengan hasil belajar matematika yang dilaksanakan di SMP Negeri 150 Jakarta Timur tahun ajaran 2013/2014, semester ganjil, pada tanggal 7-8 September 2013 di SMP Negeri 150 Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode Ex Post Facto Deskriptif-korelasi. Dengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 siswa yaitu kelas VIII-H yang diambil secara acak sederhana. Untuk mendapatkan data tentang Sikap belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa disusun seperangkat instrument yang terdiri atas angket yang telah tervalidasi dan reliabel. Perhitungan angket dilakukan dengan skala likert, yaitu dengan 5 alternatif jawaban: sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju, dengan jumlah angket untuk setiap variabel 40 butir pernyataan dan 40 butir soal. Untuk variabel sikap belsajar siswa terdiri dari 40 butir pernyataan. Dari 40 butir pernyataan hanya 26 soal yang valid dan reliabel, 14 soal tidak valid dan tidak reliabel. Dengan menggunakan rumus Chronbach Alpha, maka diperoleh koefisien realibilitas angket sikap belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 0,939. Sedangkan untuk variabel hasil belajar matematika digunakan alat ukur berupa alat tes sebanyak 40 butir soal, dengan tipe pilihan ganda yang terdiri dari 4 alternatif jawaban yang meliputi pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Dari 40 butir soal hanya 24 soal yang valid dan reliabel dan 16 soal yang tidak valid dan tidak reliabel. Dasar untuk pengambilan keputusan suatur butir dinyatakan valid apabilah rhitung > rtabel. Untuk variabel hasil belajar, digunakan rumus Kuder Richardson (KR-20), diperoleh koefisien reliabilitas hasil belajar matematika sebesar 0,866. Selain mencari validitas dan reliabitas untuk instrumen hasil belajar matematika, dicari juga daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Untuk uji kenormalan data dilakukan uji liliefors, untuk mengetahui apakah sampel penelitian berasal dari populasi berdistribusi normal atau tidak. Dari hasil perhitungan liliefors diperoleh Lhitung untuk sikap belajar siswa sebesar 0,133 dan untuk hasil belajar matematika siswa sebesar 0,100. Ltabel pada α = 0,05 dan n = 30 adalah 0,161 Lhitung < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa semua data berasal dari populasi yang berdistribusi normal.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorManullang, BitmanNIDN322055701UNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
SCIENCE > Mathematics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:42
Last Modified: 27 Jan 2021 04:42
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3164

Actions (login required)

View Item View Item