Halawa, Sahabat (2014) Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Lampiran_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarLampiranDaftarTabelDaftarGambar.pdf Download (589kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Download (148kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan “Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa” ? Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan random sampling (sampel acak sederhana). Metode yang digunakan adalah metode penelitian ex pos facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 35 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling dengan acak kelas. Variabel penelitian sebanyak 2 terdiri dari kemampuan mengajar guru (X), dan hasil belajar matematika (Y). Untuk mendapatkan data variabel (X) disusun seperangkat instrumen yang terdiri atas angket yang telah valid dan reliabel. Perhitungan angket dilakukan dengan skala likert. Data variabel (Y) diperoleh dari dokumen nilai rapor siswa kelas X (sepuluh) semester I (ganjil). Dari 40 butir pernyataan untuk variabel (X), hanya 26 butir yang valid dan reliabel. Suatu butir dinyatakan valid apabila thitung ttabel , dan dinyatakan reliabel apabila rhitung rtabel. Dari hasil perhitungan diperoleh Lhitung untuk (Y) sebesar 0,0943, Lhitung untuk (X) sebesar 0,1050, dimana Ltabel = 0,1498 pada dan n = 35, karena Lhitung Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa semua data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Analisis regresi (X) terhadap (Y) didapat Ŷ = 45,721 + 0,319X, regresi bersifat linier karena Fhitung Ftabel = 2,530 dan bersifat berarti karena Fhitung = 30,131 Ftabel = 4,130. Korelasi antara (X) dengan (Y) rxy = 0,642 dan KD sebesar 41,25% pada , dengan demikian hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X (sepuluh) di SMA Nageri 9 Jakarta.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | EDUCATION EDUCATION > Theory and practice of education SCIENCE > Mathematics |
||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Mr Alexander Jeremia | ||||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2021 08:49 | ||||||||
Last Modified: | 27 Jan 2021 08:49 | ||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3186 |
Actions (login required)
View Item |