Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 225 Jakarta

Koilhar, Godlive Aynatres (2014) Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 225 Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Lampiran_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarLampiranDaftarTabelDaftarGambar.pdf

Download (556kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Disiplin belajar siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa kelas VIII SMPN 225 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMPN 225 Jakarta Kelas VIII. Metode yang digunakan adalah metode ex post facto dengan populasi seluruh kelas VIII sebanyak 7 kelas yang berjumlah 244 siswa. Kelas VIII (2) dijadikan sampel untuk uji coba sedangkan Kelas VIII (3) dijadikan sampel sebagai kelas penelitian yang diambil secara random kelas. Instrumen Disiplin belajar siswa di ujicobakan pada sekolah yang sama, yakni kelas VIII (2) untuk memperoleh soal yang valid dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Dengan menggunakan rumus crombach Alpha, maka diperoleh koefisien reliabilitas Disiplin belajar siswa sebesar 0,996. Terhadap kedua instrumen tersebut di dalam penelitian, dilanjutkan normalitas dengan menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui apakah sampel penelitian berasal dari populasi berdistribusi normal atau tidak. Dari hasil perhitungan, didapat Lhitung sebesar 0,08074 untuk instrumen Disiplin belajar siswa, dengan Ltabel sebesar 0,149. Sedangkan instrumen hasil belajar matematika didapat Lhitung sebesar 0,08074 dengan Ltabel sebesar 0,149. Karena kedua instrumen Lhitung > Ltabel , maka kedua instrumen berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Setelah dilakukan kedua pengujian tersebut dan memenuhi syarat, selanjutnya dilakukan analisis koefisien korelasi product moment untuk mengetahui besarnya hubungan Disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar dengan rxy 0,34. Besar korelasi tersebut di analisis keberartiannya dengan uji t-student pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh harga Thitung sebesar 2,20 dan melalui interpolasi didapat Ttabel sebesar 1,69 menunjukan bahwa Thitung > Ttabel. Dengan demikian H0 ditolak. Dari hasil pengujian hipotesis ini, di simpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Disiplin belajar siswa dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 225 Jakarta. Selanjut dilakukan analisis Koefisien Determinasi untuk mengukur besarnya variasi antara Disiplin belajar siswa dengan hasil belajar matematika, dan hasilnya perhitungannya didapat 11,56%. Hasil pengujian keberartian regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar artinya bahwa kenaikan hasil belajar siswa selalu dipengaruhi oleh Disiplin belajar siswa dengan persamaan regresi = 3,5772 + (0,51)X.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimbolon, KerdidNIDN331126603UNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
SCIENCE > Mathematics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 27 Jan 2021 08:22
Last Modified: 27 Jan 2021 08:22
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3185

Actions (login required)

View Item View Item