Pengaruh Persepsi Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 281 Jakarta

Yeheskel, (2014) Pengaruh Persepsi Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 281 Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Lampiran_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarLampiranDaftarTabelDaftarGambar.pdf

Download (564kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (83kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 281 Jakarta. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 281 Jakarta Pada tanggal 20 November 2013, dengan menggunakan metode ex-postfacto dengan jumlah populasi 345 yakni kelas VIII, dan diambil 40 siswa untuk uji coba penelitian dan 40 siswa lagi sebagai penelitian. Untuk mengukur data persepsi matematika siswa digunakan 40 butir pernyataan kuesioner. Setelah keusioner persepsi matematika siswa diujicobakan maka diperoleh 28 butir pernyataan yang valid dan 12 yang droop dengan menggunakan rumus product moment. Selanjutnya dengan menggunakan rumus Crombach Alpha, maka diperoleh koefisien reabilitas 0,843. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar matematika digunakan dokumentasi nilai Ujian Tengah Semester (UTS). Kemudian dilanjutkan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui apakah sampel penelitian berasal dari populasi berdistribusi normal atau tidak. Dari hasil perhitungan, untuk instrumen data Hasil Belajar Siswa didapat L hitung sebesar 0,08111 < Ltabel sebesar 0,140, pada taraf significan α = 0,05 maka kesimpulannya data hasil belajar berasal dari populasi berdistribusi normal. Sedangkan untuk data Persepsi Matematika Siswa didapat L hitung sebesar 0,0526 < Ltabel sebesar 0,140, pada taraf signifikan α = 0,05 maka kesimpulannya data tersebut berasal dari populasi berdistribusi normal. Kemudian untukSelanjutnya hasil pengujian kelinieran regresi adalah F hitung < F tabel atau (1,27 < 2,41) pada = 0,05, maka disimpulkan bahwa model regresi adalah linier. Sedangkan untuk keberartian regresi adalah F hitung > F tabel atau (4,19 > 4,09), maka dapat disimpulkan bahwa model regresi adalah berarti. Setelah dilakukan kedua pengujian tersebut dan memenuhi syarat, selanjutnya dilakukan analisis koefisien korelasi product moment untuk mengetahui besarnya hubungan antara persepsi matematika siswa dengan hasil belajar matematika , maka diperoleh r adalah 0,3049. Besar korelasi tersebut di analisis keberartiannya dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh harga t hitung sebesar 2,0993 dan didapat t tabel sebesar 1,685 menunjukan bahwa t hitung > t tabel. Dengan demikian H0 ditolak. Dari hasil pengujian hipotesis ini, di simpulkan bawa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP NEGERI 281 Jakarta. Selanjutnya dilakukan analisis Koefisien Determinasi untuk mengukur besarnya variasi nilai pada matematika dengan persepsi matematika siswa dan hasil perhitungannya didapat 9,299% selebihnya dijelaskan oleh faktor lain. Hasil pengujian keberartian regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi matematika siswa terhaap hasil belajar artinya bahwa kenaikan hasil belajar siswa selalu dipengaruhi oleh persepsi matematika siswa dengan persamaan regresi = 22,5654 + (0,4540) X.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimbolon, KerdidNIDN331126603UNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
SCIENCE > Mathematics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:46
Last Modified: 27 Jan 2021 05:10
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item View Item