Hubungan antara Faktor Internal dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19

Ponto, Andryan Ino and Adinugraha, Fajar and Wahyuningtyas, Riska Septia (2022) Hubungan antara Faktor Internal dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (1). pp. 46-52. ISSN 26859351

[img] Text
HubunganantaraFaktorInternaldanHasilBelajarBiologiSiswa.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Peerriview(Ibu Riska Septia))
PeerriviewHubunganAntaraFaktorInternalDanHasilBelajarBiologiSiswa.pdf

Download (278kB)
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan faktor internal belajar siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta. Selain itu, untuk mendeskripsikan hasil belajar Biologi siswa selama pembelajaran daring. Selanjutnya, untuk menganalisis hubungan antara faktor internal belajar dan hasil belajar Biologi siswa. Metode penelitian menggunakan metode survei yang dilaksanakan pada Juli-Oktober 2021. Sampel berjumlah 148 responden dari Kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, dan XI MIPA 4. Data berupa faktor internal dan hasil belajar Biologi yang dianalisis secara statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika inferensial menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman karena data tidak berdistribusi normal. Faktor internal yang dominan di Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta secara berurutan adalah faktor kesehatan=faktor motivasi > faktor minat > faktor kebugaran > faktor bakat. Hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta berada di atas KKM dengan skor rerata 76.13. Terdapat hubungan/korelasi positif antara faktor internal dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta. Rendahnya nilai koefisien korelasi kemungkinan disebabkan oleh faktor lain di luar faktor internal belajar siswa. Kata Kunci: Faktor Internal, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring. /The purpose of this article is to describe the internal learning faktors of Class XI MIPA students at SMA Negeri 37 Jakarta. In addition, to describe students' learning outcomes of Biology during online learning. Furthermore, to analyze the relationship between internal learning faktors and student biology learning outcomes. The research method used a survey method which was carried out in July-October 2021. The sample was 148respondents from Class XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, and XI MIPA 4. Data in the form of internal faktors and learning outcomes of Biology were analyzed descriptively and statistically. inferential. Inferential statistics using Spearman's Rank Correlation Test because the data are not normally distributed. The dominant internal faktors in Class XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta sequentially are health faktors = motivational faktors > interest faktors > fitness faktors > talent faktors. The Biology learning outcomes of class XI MIPA students at SMA Negeri 37 Jakarta are above the KKM with an average score of 76.13. There is a positive relationship/correlation between internal faktors and the biology learning outcomes of class XI MIPA students at SMA Negeri 37 Jakarta. The low value of the correlation coefficient may be caused by other faktors outside of the internal faktors of student learning. Keywords: Internal Factors, Learning Outcomes, Online Learning

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION > Education (General)
Depositing User: Ms Rosaliana Wati
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:08
Last Modified: 29 Jul 2022 08:42
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8576

Actions (login required)

View Item View Item