Hubungan Pembinaan dan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di Sekolah Dasar Pembangunan Jaya Bintaro)

MEININGSIH, ROSDINIAWATI PANGESTU (2020) Hubungan Pembinaan dan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di Sekolah Dasar Pembangunan Jaya Bintaro). S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi)
HalJudulAbstrakDaftarIsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab_I)
BABI.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Bab_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (Bab_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text (Bab_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (Bab_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (101kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rosdiniawati Pangestu Meiningsih. Hubungan Pembinaan dan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di Sekolah Dasar Pembangunan Jaya Bintaro. Tesis. Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Kristen Indonesia Jakarta, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembinaan guru dan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Sekolah Dasar Pembangunan Jaya Bintaro, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 46 orang guru. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampel jenuh, teknik di mana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Sedangkan teknik yang digunakan dalam melakukan analisis data yakni statistik deskriptif, korelasi, regresi sederhana, dan regresi ganda. Hasil pengolahan data dengan korelasi dapat diketahui dari hasil perhitungan statistik yang menunjukkan bahwa hubungan pembinaan guru terhadap kompetensi pedagogik guru adalah sebesar 0,640. Artinya, adanya hubungan positif dan signifikan pembinaan guru terhadap kompetensi pedagogik guru di Sekolah Dasar Pembangunan Jaya Bintaro. Hasil perhitungan selanjutnya, diketahui hubungan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru adalah sebesar 0,935. Hal ini berarti bahwa adanya hubungan supervisi kepala sekolah yang positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru. Adanya hubungan positif dan signifikan pembinaan guru terhadap supervisi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kompetesi pedagogik guru Sekolah Dasar Pembangunan Jaya Bintaro. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan statistik yang menunjukkan bahwa hubungan pembinaan guru dan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru adalah sebesar 0,812. Hal ini berarti bahwa adanya hubungan supervisi kepala sekolah yang positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru. Kata kunci: Pembinaan guru, supervisi kepala sekolah, kompetensi pedagogik guru.

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSunaryo, TarsiciusNIDN313106202UNSPECIFIED
Thesis advisorKailola, Lisa GNIDN312097004lisa.gracia@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 3 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:24
Last Modified: 13 Aug 2021 04:24
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4784

Actions (login required)

View Item View Item