Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Studi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Kompetensi Profesional pada Siswa SMA Negeri 1 Silou Kahean Sumatera Utara

Sinaga, Rosita Luxerida (2019) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Studi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Kompetensi Profesional pada Siswa SMA Negeri 1 Silou Kahean Sumatera Utara. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi)
HalJudulAbstrakDaftarIsi.pdf

Download (864kB)
[img] Text (Bab_I)
BABI.pdf

Download (60kB)
[img] Text (Bab_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (Bab_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (Bab_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (Bab_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (42kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rosita Luxerida Sinaga, Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Studi Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Pada Siswa SMA Negeri 1 Silou Kahean Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar bahasa Indonesia yang masih rendah. Beberapa faktor penyebabnya adalah kompetensi dari guru yang masih belum sesuai dan kurang tepat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Silou Kahean. Untuk penelitian tersebut data diambil dari kelas sampel yang berjumlah 235 siswa. Berdasarkan perhitungan pengambilan sampel maka diperoleh sampel berjumlah 40 orang. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian instrumen berupa kuesioner dan tes. Analisis hasil penelitian X1 = 0,000 dan X2 = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa regresi pada model ini yaitu variabel X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap Y. Kemudian berdasarkan hasil analisis jalur X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y didapatkan hasil 0,022 lebih kecil dari 0,05. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan pengaruh X1 terhadap Y sebesar 29 %, sedangkan pengaruh X2 terhadap Y yaitu sebesar 19 %. Besarnya nilai R2 atau RSquare yang terdapat pada tabel Model Summary adalah sebesar 0,736, Hal ini menunjukkan pengaruh X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 73,6%. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silou Kahean. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional. / ROSITA LUXERIDA SINAGA. E-mail: r.luxerida@gmail.com. LEARNING RESULT OF STUDENT BAHASA INDONESIA STUDY OF THE INFLUENCE OF TEACHER PEDAGOGIC COMPETENCE AND PROFESSIONAL COMPETENCE IN SMA NEGERI 1 SILOU KAHEAN. This research aims to find the impact of teacher pedagogy competence and professional competence toward students’ learning result in Bahasa Indonesia subject. The problem in this research is the weakness of learning result in Bahasa Indonesia subject. The appropriateness of teacher competency is the factor in this research. The research data were collected through sample classes consisting of 235 students. Based on sampling calculation, Data retrieval was did by giving instruments with form of questionnaires and tests. This research used questionnaires and tests as instruments to collect the data. The data was analyzed by using Path analysis. The result of analysis X1 = 0,000 and X2 = 0,000 is smaller than 0,05. These results show that the regression on this model i.e. the X1 and X2 variables significantly affects to Y. Then based on the Path analysis result X1 and X2 with Y, the results obtained 0.022 smaller than 0.05. Besides, the result of the study showed the effect of X1 on Y by 29%, while the effect of X2 on Y by 19%. The magnitude R2 variable or R Square in the Model Summary table is 0,736, shows the effect of X1 and X2 to Y are 73,6 %. The result shows there is a significant effect of teacher pedagogy competence and professional competence toward students’ learning result in Bahasa Indonesia subject of ninth grade students in SMA Negeri 1 Silou Kahean. Keyword : Learning Result, Pedagogy Competence, Professional Competence.

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNeolaka, AmosUNSPECIFIEDamos.neolaka@uki.ac.id
Thesis advisorTampubolon, HotnerNIDN310105505hotner.tampubolon@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Education (General)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 3 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:29
Last Modified: 10 Mar 2023 07:20
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item View Item