Implementasi Budaya Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Holy Faithful Obedient (SD HFO) Sawangan, Depok

Jati, Pramono (2018) Implementasi Budaya Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Holy Faithful Obedient (SD HFO) Sawangan, Depok. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya sekolah SD HFO. Alat analisis data dengan cara mengkoding hasil wawancara dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi dan menghambat dalam pengembangan karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Seluruh informan berjumlah 10 orang yang dipilih secara purposif yaitu teknik memilih sampel penelitian berdasarkan pemilihan partisipan yang bisa memberikan informasi terbaik. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, dokumen dan tringulasi Hasil penelitian adalah: 1) implementasi budaya sekolah SD Holy Faithful Obedient dalam Pengembangan karakter siswa berjalan dengan baik. Nilai utama SD HFO adalah religiousitas, ketaatan, kedisiplinan, dan intelektualitas. Indikator dalam mengukur siswa yang mempunyai nilai-nilau utama seperti relegius dan intelektualitas adalah mempunyai ketaatan yang baik kepada Tuhan, orang tua, guru dan mengasihi sesama sedangkan intelektualitas mempunyai pengetahuan dan wawasan yang baik serta bertanggung jawab. Contoh siswa yang sudah mempunyai nilai-nilai utama tersebut adalah Joyvella siswa kelas enam. Pembentukan dilakukan melalui pengajaran Firman Tuhan, pembiasaan, keteladanan, kegiatan belajar mengajar (KBM), kegiatan yang menunjang; 2) Faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan karakter peserta didik di SD HFO adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam sekolah. Faktor eksternal adalah berasal dari orang tua; dan 3) Kendala-kendala yang ditemukan berkaitan pembentukan karakter di SD HFO adalah masalah keteladan guru, masalah ketegasan guru, kurangnya peran orang tua, dan kurangnya kesadaran orang tua bahwa pembentukan karakter merupakan tugas bersama antara orang tua dan guru. Kata kunci: budaya sekolah, karakter /Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya sekolah SD HFO. Alat analisis data dengan cara mengkoding hasil wawancara dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi dan menghambat dalam pengembangan karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Seluruh informan berjumlah 10 orang yang dipilih secara purposif yaitu teknik memilih sampel penelitian berdasarkan pemilihan partisipan yang bisa memberikan informasi terbaik. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, dokumen dan tringulasi Hasil penelitian adalah: 1) implementasi budaya sekolah SD Holy Faithful Obedient dalam Pengembangan karakter siswa berjalan dengan baik. Nilai utama SD HFO adalah religiousitas, ketaatan, kedisiplinan, dan intelektualitas. Indikator dalam mengukur siswa yang mempunyai nilai-nilau utama seperti relegius dan intelektualitas adalah mempunyai ketaatan yang baik kepada Tuhan, orang tua, guru dan mengasihi sesama sedangkan intelektualitas mempunyai pengetahuan dan wawasan yang baik serta bertanggung jawab. Contoh siswa yang sudah mempunyai nilai-nilai utama tersebut adalah Joyvella siswa kelas enam. Pembentukan dilakukan melalui pengajaran Firman Tuhan, pembiasaan, keteladanan, kegiatan belajar mengajar (KBM), kegiatan yang menunjang; 2) Faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan karakter peserta didik di SD HFO adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam sekolah. Faktor eksternal adalah berasal dari orang tua; dan 3) Kendala-kendala yang ditemukan berkaitan pembentukan karakter di SD HFO adalah masalah keteladan guru, masalah ketegasan guru, kurangnya peran orang tua, dan kurangnya kesadaran orang tua bahwa pembentukan karakter merupakan tugas bersama antara orang tua dan guru. Kata kunci: budaya sekolah, karakter

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTampubolon, HotnerNIDN310105505hotner.tampubolon@uki.ac.id
Thesis advisorSihotang, HotmaulinaNIDN322056804hotmaulina.sihotang@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 10 Aug 2021 09:09
Last Modified: 10 Aug 2021 09:09
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item