Pengembangan Modul Matematika Dengan Topik Segitiga Untuk Kelas VII SMP Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR)

Sari, Ayu Kartika (2018) Pengembangan Modul Matematika Dengan Topik Segitiga Untuk Kelas VII SMP Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (337kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami materi matematika yang abstrak dan berkaitan dengan permasalahan yang nyata di kehidupan sehari-hari serta kurangnya peran buku teks pelajaran yang dimiliki guru dan siswa melandasi pelaksanaan penelitian ini. Hal tersebut tak jarang membuat guru kesulitan untuk mempersiapkan materi yang akan dipelajari karena bahasa yang digunakan buku teks sulit dipahami siswa sehingga memaksa guru mengolah kembali materi dan menyampaikannya menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika topik segitiga kelas VII berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) yang layak dan efektif digunakan untuk melaksanakan proses pembelajaan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon positif siswa terhadap modul matematika topik segitiga kelas VII berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Modul disusun berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) agar menekankan bahwa modul dapat membantu siswa memahami materi melalui konteks “real” atau nyata dalam pikiran siswa hingga menuju pada proses matematisasi horizontal dan matematisasi vertikal pada proses pembelajaran materi segitiga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini terdiri dari dua tahapan besar yaitu tahapan penelitian (Research) dan tahapan pengembangan (Development). Pada tahapan penelitian terdiri dari tahap analisis potensi dan masalah serta studi literatur dan pengumpulan informasi. Sedangkan, tahap pengembangan terdiri dari tahap perancangan produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi tahap 1, uji coba lapangan utama, revisi tahap 2 hingga kemudian menghasilkan produk akhir. Modul matematika topik segitiga tersebut berisikan materi yang berawal dari konteks nyata yang disajikan dalam aktivitas siswa, rangkuman, soal latihan pada setiap sub materi, dan evaluasi akhir. Kata kunci : Modul matematika, Pendidikan Matematika Realistik, Segitiga

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorManullang, BitmanNIDN0322055701UNSPECIFIED
Thesis advisorDitasona, CandraNIDN0305108703UNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION > Theory and practice of education
SCIENCE > Mathematics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:27
Last Modified: 17 Feb 2021 03:27
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3302

Actions (login required)

View Item View Item