Hubungan Antara Kondisi Lingkungan Sekolah Dengan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Cibitung

Natalia, (2018) Hubungan Antara Kondisi Lingkungan Sekolah Dengan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Cibitung. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambar.pdf

Download (693kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (129kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (602kB)

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk dapat mengenyam pendidikan secara bertahap dan dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya, oleh sebab itu orangtua sangat mempercayai anaknya kepada sekolah. Sekolah dapat memberikan yang terbaik untuk siswanya dan mendukung berbagai macam aktivitas belajar siswa di sekolah. Penulis melakukan penelitian di SMA Negeri 1 Cibitung, Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan aktivitas belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cibitung. Teknik pengumpulan data diberikan kepada populasi 366 siswa dan sampel 79 siswa, dengan menggunakan angket 20 butir soal pernyataan dari masing-masing variabel. Teknik analisa data menggunakan: (1) Uji signifikansi yang memperoleh hasil sebesar 0,000 < 0,05, maka variabel lingkungan sekolah (X) memiliki hubungan kuat atau signifikan dengan variabel aktivitas belajar (Y); (2) Uji korelasi yang memperoleh hasil sebesar 0,649 atau 64,9%, artinya variabel lingkungan sekolah (X) dengan aktivitas belajar (Y) adalah kuat. (3) Uji regresi linier sederhana yang memperoleh nilai R Square atau nilai determinasi varians sebesar 0,421 atau 42,1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil dari analisis regresi diperoleh Ŷ = 26,587 + 0,562 X, bahwa hubungan kondisi lingkungan sekolah memiliki yang signifikansi dengan aktivitas belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cibitung. Oleh sebab itu jika kondisi lingkungan sekolah lebih ditingkatkan, maka aktivitas belajar siswa dapat menjadi lebih baik. Kata kunci: Kondisi Lingkungan Sekolah, Aktivitas Belajar Siswa. School Environment is a place for student to fulfill their education needs phase by phase and also as a place for student to meet their peer friends, and because of that parents mostly believe their kid to study in school. School could give the best education for their student and they always support any kind of learning process in school to meet their goals. Writer do some research in SMA Negeri 1 Cibitung, West Java in order to understand the correlation between school environment and student activity in XI grade class SMA Negeri 1 Cibitung. The data population for research come from 366 student with 79 student sample, and using 20 questionnaire from each variable. Data analysis technique using: (1) Significance test with result 0,000 < 0,05, so the school environment variable (X) have strong correlation or significance with study activity variable (Y); (2) Correlation test have the result 0,649 or 64,9%, which conclude that school environment variable (X) have strong correlation with study activity (Y). (3) Simple Regresion linear test result with R Square or detemination value 0,421 or 42.1%. To summary all of the research from this analysis, regression have value of Y = 26,587 + 0,562 X, that correlation of school environment have strong relationship with study activity of XI grade student in SMA Negeri 1 Cibitung. Because of the result, if the school have better environment then the study activity will be better and better. Keywords: School Environment, Study Activity

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTyas, E. HandayaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGunawan, RonnyNIDN0309107701UNSPECIFIED
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Psychology
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:30
Last Modified: 10 Feb 2021 04:30
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3268

Actions (login required)

View Item View Item