Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Layanan Bidang Pribadi Sosial Siswa Di SMP 6 PSKD Depok Tahun Ajaran 2017/2018

Elisabet, Novitasari (2018) Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Layanan Bidang Pribadi Sosial Siswa Di SMP 6 PSKD Depok Tahun Ajaran 2017/2018. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Grafik)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarGrafik.pdf

Download (740kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (616kB)

Abstract

Bimbingan dan konseling adalah membantu orang untuk dapat memahami dirinya di lingkungan kehidupannya, dan suatu proses interaksi yang membantu pemahaman diri dan lingkungan dengan penuh ,dan dapat menghasilkan pembentukkan dengan tujuan-tujuan dan nilai-nilai prilaku. Guru bimbingan dan konseling yaitu pendidik yang sangat berperan dalam pengembangan bidang pribadi sosial siswa, karna dalam pribadi sosial memberi bimbingan kepada individual atau kelompok untuk memecahkan masalahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti peranan guru bimbingan dan konseling terhadap layanan bidang pribadi sosial siswa kelas VII di SMP 6 Depok. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan alat pengumpulan data yang sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menghasilkan bahwa : didapatkan Signifikan pada Diviationfrom Linearity sebesar 0,812>0,05, dengan demikian dapat diartikan bahwa peranan guru bimbingan dan konseling (X) layanan bidang pribadi sosial (Y) bersifat linear. Ϋ = 24,017+0,662, artinya apabila Peranan Guru BK yang signifikan terhadap layanan bidang sosial siswa dapat dilakukan, apabila layanan bidang pribadi sosial siswa kelas VII di SMP 6 PSKD Depok. Dalam hal ini variabel peranan guru bimbingan dan konseling terhadap layanan bideang pribadi sosial, apabila peran guru bimbingan dan konseling dapat dikembangkan dengan baik makan layanan bidang sosial akan berdampak baik pada siswa kelas VII di SMP 6 PSKD Depok, maupun berdampak dengan siswa lainnya. Kata Kunci : Peranan Guru Bimbingan dan Konseling, Layanan Bidang Pribadi Sosial Guidance and counseling is helping people to be able to understand themselves in their environment, and a process of interaction that helps understanding themselves and the environment fully, and can produce formation with behavioral goals and values. Guidance and counseling teachers are educators who are very instrumental in the development of students' personal social fields, because in the social person gives guidance to individuals or groups to solve the problem. The purpose of this study was to examine the role of teacher guidance and counseling on the service of social personal fields of seventh grade students in SMP 6 Depok. By using quantitative research methods and using data collection tools as many as 24 students. This study resulted in: Significant in Linearity diviation from 0.812> 0.05, thus it can be interpreted that the role of teacher guidance and counseling (X) service in the field of social personal (Y) is linear. Ϋ = 24,017 + 0,662, meaning that if the role of Teacher BK is significant for the service of the social field of students can be done, if the service of the social field of students of class VII in SMP 6 PSKD Depok. In this case the teacher's role of guidance and counseling on social personal services, if the teacher's role of guidance and counseling can be well developed eating social services will have a good impact on the seventh grade students of Depok 6th PSKD, as well as impacting other students. Keywords: The Role of Teacher Guidance and Counseling, Service of Private Social Affairs

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorErnawati, RenathaNIDN326098304UNSPECIFIED
Thesis advisorSimorangkir, Melda RumiaNIDN321118203UNSPECIFIED
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Psychology
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 05 Feb 2021 08:00
Last Modified: 05 Feb 2021 08:00
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item