Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika SiswaKelas IX Siswa SMP Negeri 222 Jakarta.

Waruwu, Yanueli (2014) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika SiswaKelas IX Siswa SMP Negeri 222 Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Lampiran_Daftar_Tabel)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarLampiranDaftarTabelDaftarGambar.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (17kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan berpikir kreatif dan lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 222 jakarta, Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah metode eks post facto dan deskriptif – regresi yang dilaksanakan di SMP Negeri 222 jakarta Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi 117 siswa kelas IX. Sampel yang digunakan sebanyak 35 siswa yang diambil secara acak sederhana. Untuk memperoleh data kemampuan berpikir kreatif dan lingkungan belajar siswa, disusun seperangkat instrumen berupa angket yang telah valid dan reliabel. Sedangkan data hasil belajar matematika disusun seperangkat tes sebanyak 30 butir dengan tipe pilihan ganda. Dari 40 butir instrumen, kemampuan berpikir kreatif memiliki validitas dan reliabilitas sebanyak 25 butir, lingkungan belajar siswa sebanyak 26 butir sedangkan untuk hasil belajar matematika sebanyak 21 butir soal yang valid dan reliabel. Dasar pengambilan keputusan butir yang valid apabila r hitung > r tabel dan dikatakan reliable apabila r hitung > r tabel. Untuk uji normalitas data dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors. Dari hasil perhitungan, didapat L hitung sebesar 0,1062 dengan Ltabel sebesar 0,149 untuk kemampuan berpikir reatif, dan Lhitung sebesar 0,1112 dengan Ltabel sebesar 0,149 untuk lingkungan belajar siswa. Sedangkan instrumen hasil belajar matematika didapat Lhitung sebesar 0,1357 dengan Ltabel sebesar 0,149. Karena kedua instrumen Lhitung < Ltabel maka kedua instrumen berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Analisis regresi linier ganda kemampuan berpikir kreatif dan lingkungan belajar siswa tehadap hasil belajar matematika dengan persamaan Ŷ = 0,5341 + 0,431X1 + 0,0504X2 bentuk regresi ganda ini berarti karena Fhitung = 4,2214 > Ftabel = 4,14. Analisi regresi linier sederhana kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika adalah Ŷ = 26,16 + 0,607 X1, regresi linier karena Fhitung = 0,970 < Ftabel = 2,27, dan regresi berarti karena Fhitung = 5,126 > Ftabel = 4,14 pada = 0,05. Analisi regresi linier sederhana lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika adalah Ŷ = 20,566 + 0,702 X2, regresi linier karena Fhitung = 0,407 < Ftabel = 2,29 dan regresi berarti karena Fhitung = 6,1835 > Ftabel = 4,14 pada = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,4569, hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang cukup kuat antara ketiga variabel. Sedangkan uji keberartian korelasi menunjukkan bahwa korelasi berarti kerena Fhitung = 4,221 > Ftabel(0,05:33) = 4,14 pada = 0,05. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan berpikir kreatif dan lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 222 Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSihotang, HotmaulinaNIDN322056804UNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
SCIENCE > Mathematics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:45
Last Modified: 27 Jan 2021 04:45
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3173

Actions (login required)

View Item View Item