Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Instagram oleh Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam Penyebaran Informasi Penanggulangan Bencana

Barus, Adrian Filandi Vilsalva (2024) Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Instagram oleh Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam Penyebaran Informasi Penanggulangan Bencana. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Singkatan_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarSingkatanDaftarLampiranAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (428kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (578kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (310kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (702kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (361kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (244kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (746kB)

Abstract

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merupakan lembaga pemerintahan nondepartemen setingkat menteri yang berfokus terhadap penanggulangan bencana, mulai dari kondisi pra-bencana, tanggap darurat, pemulihan, rehabilitasi-rekonsiliasi sampai ke logistik perawatan. Sebagai lembaga pemerintahan, penyebaran informasi terkait penanggulangan bencana kepada masyarakat penting untuk dilakukan. Humas BNPB yang bertugas melakukan penyebaran informasi tersebut sudah menggunakan media sosial sebagai media penyebarannya, salah satunya adalah instagram. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis bagaimana optimalisasi penggunaan media sosial instagram oleh humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penyebaran informasi penanggulangan bencana. Penelitian ini menggunakan konsep empat pilar strategi media sosial yang dikemukakan oleh Lon Safko dan David K. Brake untuk melihat penggunaan media sosial BNPB serta konsep pendukung yaitu optimalisasi, hubungan masyarakat, humas pemerintahan, media sosial dan instagram. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Interactive Model Miles dan Huberman. Penelitian ini menemukan bahwa humas BNPB berupaya untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial instagram BNPB dalam penyebaran informasi penanggulangan bencana dengan menciptakan konten-konten informasi penanggulangan bencana dengan menarik dan mengikuti perkembangan zaman saat ini serta menciptakan konten-konten yang rutin di unggah. Namun, masih terdapat beberapa hal yang menghambat upaya pengoptimalan instagram tersebut seperti kendala internal dari humas BNPB. Selain itu, penggunaan Media sosial instagram BNPB tersebut juga masih dapat ditingkatkan dan dioptimalkan. Hal ini terlihat dari belum terpenuhinya empat pilar strategi media sosial, yaitu komunikasi, kolaborasi, edukasi dan hiburan serta dari segi isi konten maupun jenis konten yang dibagikan di instagram BNPB terkait penanggulangan bencana juga masih ada hal-hal yang dapat dioptimalkan agar konten yang dibagikan lebih menyeluruh dan lebih lengkap. Kata Kunci: Optimalisasi, Instagram, Penyebaran Informasi. / The National Disaster Management Agency (BNPB) is a non-departmental government agency at the ministerial level that focuses on disaster management, from pre-disaster conditions, emergency response, recovery, rehabilitation-reconciliation, to logistical maintenance. As a government agency, disseminating disaster management information to the public is crucial. BNPB's Public Relations (PR), responsible for this information dissemination, has been using social media as a medium, including Instagram. Therefore, this research aims to observe and analyze how the PR of the National Disaster Management Agency (BNPB) optimizes the use of Instagram in spreading disaster management information. This study uses the four pillars of social media strategy proposed by Lon Safko and David K. Brake to examine BNPB's social media use and supporting concepts such as optimization, public relations, government PR, social media, and Instagram. The research employs a descriptive-qualitative method with data analysis techniques based on the Interactive Model by Miles and Huberman. The study finds that BNPB PR strives to optimize the use of BNPB's Instagram in disseminating disaster management information by creating engaging and contemporary disaster management content and regularly posting such content. However, there are still some obstacles hindering the optimization efforts, such as internal constraints within BNPB PR. Additionally, the use of BNPB's Instagram can still be improved and optimized. This is evident from the fact that the four pillars of social media strategy, namely communication, collaboration, education, and entertainment, have not yet been fully achieved. Furthermore, both the content and the types of content shared on BNPB's Instagram regarding disaster management can still be optimized to ensure the shared content is more comprehensive and complete. Keywords: Optimization, Instagram, Information Dissemination

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorVida, Helen DianaNIDN0321058203helen.diana@uki.ac.id
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Social sciences (General)
TECHNOLOGY > Technology (General)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 5340 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2024 09:43
Last Modified: 21 Aug 2024 09:43
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16299

Actions (login required)

View Item View Item