Analisis Penerapan Komunikasi Persuasif dalam Akun Instagram Non-Governmental Organization (Studi pada Sukarelawan Project Child Indonesia Batch 33)

Priscilla, Bernadette Christy (2023) Analisis Penerapan Komunikasi Persuasif dalam Akun Instagram Non-Governmental Organization (Studi pada Sukarelawan Project Child Indonesia Batch 33). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Abstrak)
HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (456kB)
[img] Text (BAB_II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (642kB)
[img] Text (BAB_III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (221kB)
[img] Text (BAB_IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (664kB)
[img] Text (BAB_V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (295kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (286kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (694kB)

Abstract

Organisasi non-profit bergerak sendiri dengan bantuan dana atau jasa dari para anggota, masyarakat maupun investor. Agar kebutuhan organisasi dapat terpenuhi, organisasi melakukan komunikasi dengan publik melalui media sosial sebagai penghubung. Komunikasi persuasif berperan penting untuk menarik publik agar ikut ambil bagian dalam kegiatan yang dijalankan oleh organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akun Instagram organisasi nirlaba Project Child Indonesia mampu menerapkan proses komunikasi persuasif kepada calon sukarelawan sehingga termotivasi menjadi sukarelawan pada Batch 33. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam untuk melihat perspektif calon sukarelawan yang sudah pernah menjadi sukarelawan untuk Project Child Indonesia, kemudian dilakukan koding untuk mendapatkan hasil analisis data. Berdasarkan hasil koding – digambarkan penerapan komunikasi persuasif yang meliputi sikap dan objek sikap, kepercayaan, dan motivasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan komunikasi persuasif sudah dilakukan dengan baik oleh organisasi Project Child Indonesia dengan didapatkannya tanggapan dari para informan tentang unggahan yang mereka sukai dan tidak sukai, kemudian kepercayaan yang didapatkan oleh para informan melalui unggahan-unggahan yang dihadirkan oleh Project Child Indonesia dengan penggunaan footage asli, serta motivasi yang mereka dapat dari menyenangkan terhadap postingan di akun Instagram yang menunjukkan bahwa konten yang disebarkan adalah konten yang selaras dengan profile Project Child Indonesia sebagai sebuah NGO serta tanggapan tidak menyenangkan yang bersifat sebagai saran, kemudian didapatkan-nya kepercayaan dan motivasi dari para calon sukarelawan melalui postingan konten yang disebarkan melalui akun Instagram, walaupun dari segi isi konten yang disebarkan pun masih ada yang perlu untuk dikembangkan dengan lebih baik. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Instagram, Sukarelawan. / Non-profit organizations operate on their own with the help of funds or services from members, the public and investors. In order for the organization's needs to be fulfilled, the organization communicates with the public through social media as a liaison. Persuasive communication plays an important role in attracting the public to take part in the activities carried out by the organization. This study aims to find out how the NGO Project Child Indonesia's Instagram account is able to apply a persuasive communication process to prospective volunteers so that they are motivated to volunteer for Batch 33. Data collection for this research was carried out using in-depth interviews to see the perspectives of prospective volunteers who had volunteered for Project Child. Indonesia, then coding is done to get the results of data analysis. Based on the coding results - the application of persuasive communication is described which includes attitudes and object attitudes, beliefs, and motivations. The results of this study indicate that persuasive communication has been put to good use by the Project Child Indonesia organization by creating pleasant responses to posts on the Instagram account which shows that the content being distributed is content that is in line with Project Child Indonesia's profile as an NGO as well as unfavorable responses that are as a suggestion, then gain the trust and motivation of potential volunteers through posting content that is distributed through the Instagram account, even though in terms of the content that is being distributed there is still something that needs to be developed better. Keyword: Persuasive Communication, Instagram, Volunteers

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTobing, Melati MedianaNIDN0301067403melati.tobing@uki.ac.id
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE > Philology. Linguistics > Communication. Mass media
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 3851 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:33
Last Modified: 04 Jul 2024 03:37
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item View Item