Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Budi Murni 2

Pangaraja, Sahata (2021) Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Budi Murni 2. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_DaftarIsi_Abstrak)
HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (888kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (417kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (527kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KESALAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH OPERASI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP BUDI MURNI 2 Sahata Pangaraja. 2021. Prodi Pendidikan Matematika. FKIP-UKI Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam mengerjakan soal Operasi Bentuk Aljabar sehingga tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar. (2) Mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menylesaikan operasi bentuk aljabar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Murni 2. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini yang digunakan adalah studi kasus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa/I kelas VII SMP Budi Murni 2 dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa antara lain (1) Terdapat 3 jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan operasi hitung. (2) Faktor penyebab kesalahan siswa yaitu kondisi siswa lelah, kondisi belajar yang tidak mendukung dan tidak fokus serta tidak Kata Kunci : Kesalahan, Faktor Penyebab, Operasi Bentuk Aljabar Lampiran 1 Hasil Tes Siswa 68 Lampiran 2 Sampel Wawancara 69 Lampiran 3 Waktu Penelitian 70 Lampiran 4 Tes Soal Operasi Bentuk Aljabar 71 Lampiran 5 Lampiran Lembar Soal dan Kunci Jawaban 72 Lampiran 6 Instrument Penilaian KD 3.1 74 Lampiran 7 Validasi Panduan Wawancara 75 Lampiran 8 Transkip Wawancara Dengan Siswa 81 Lampiran 9 Transkip Wawancara Dengan Guru Matematika 96 Lampiran 10 Kegiatan Guru dan Siswa 98 Lampiran 11 Jawaban Tes Siswa 99 Lampiran 12 Bimbingan Skripsi 138 Lampiran 13 Surat Izin Penelitian Ke Sekolah 141 Lampiran 14 Surat Keterangan Melaksanakan Penelitian dari Sekolah 142./ ABSTRAK ANALISIS KESALAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH OPERASI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP BUDI MURNI 2 Sahata Pangaraja. 2021. Prodi Pendidikan Matematika. FKIP-UKI Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam mengerjakan soal Operasi Bentuk Aljabar sehingga tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar. (2) Mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menylesaikan operasi bentuk aljabar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Murni 2. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini yang digunakan adalah studi kasus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa/I kelas VII SMP Budi Murni 2 dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa antara lain (1) Terdapat 3 jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan operasi hitung. (2) Faktor penyebab kesalahan siswa yaitu kondisi siswa lelah, kondisi belajar yang tidak mendukung dan tidak fokus serta tidak teliti. Kata Kunci : Kesalahan, Faktor Penyebab, Operasi Bentuk Aljabar ABSTRACT ANALYSIS ERROR IN PROBLEM SOLVING OPERATION FOR ALGEBRARY FOR CLAS VII SMP BUDI MURNI 2 Sahata Pangaraja . 2021 .Mathematics Education Study Program. FKIP-UKI This study aims to help students not to repeat the same misatake working on Algebraic Form Operation questions so that the specific objective in this study are: (1) There are 3 types of students, namely conceptual errors made by students, namely conceptual errors, procedural errors and arithmetic operation errors. (2) The factors that cause student errors are the condition of students being tired, learning conditions that are not suppotive and not focused and not thorough. This research was conducated at SMP Budi Murni 2. The approach used in this study was qualitative approach. The research method used is a case study. The sample used in this study was 3 student's/ I grade VII SMP Budi Murni 2 with purposive sampling technique. The result of this study indicate that there are types of errors and factors that cause errors made by students, including (1) There are 3 type of errors made by students, namely conceptual errors, procedural errors and arimatchic operation errors. (2) The factors that cause student errors are the condition of students being tired, learning condition that are not supportive and not focused and not thorough. Keyword: Error Causing Factors, Operations of Algebraic Forms

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSihotang, HotmaulinaNIDN0322056804hotmaulina.sihotang@uki.ac.id
Thesis advisorManullang, BitmanNIDN322055701bit.manullang@gmail.com
Additional Information: Nomor Panggil : T.A 372.7 Sah a 2021
Subjects: EDUCATION > Theory and practice of education > Teaching (Principles and practice)
EDUCATION > Theory and practice of education > Education and training of teachers and administrators
EDUCATION > Theory and practice of education > School administration and organization
SCIENCE > Mathematics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1777 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:45
Last Modified: 21 Jul 2023 09:17
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8263

Actions (login required)

View Item View Item