Pengaruh Program Tayangan Junior Masterchef Indonesia Terhadap Motivasi Belajar Memasak (Studi Kasus : Siswa/i Kelas 5-6 SDN 09 Pagi Jakarta Timur)

Christine, Christine (2014) Pengaruh Program Tayangan Junior Masterchef Indonesia Terhadap Motivasi Belajar Memasak (Studi Kasus : Siswa/i Kelas 5-6 SDN 09 Pagi Jakarta Timur). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi)
HalJudulAbstrakDaftarIsi.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (56kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (523kB)

Abstract

Program televisi yang kini beragam membuat peneliti tertarik untuk meneliti sebuah tayangan televisi yaitu tayangan Junior Masterchef Indonesia. Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Program Tayangan Junior Masterchef Indonesia Terhadap Motivasi Belajar Memasak. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh tayangan Junior Masterchef Indonesia terhdap motivasi belajar memasak. Sampel pada skripsi ini yaitu siswa/i SDN 09 Pagi Jakarta Timur. Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan teori use and gratification dan social learning. Asumsi dari teori ini adalah pesan-pesan yang disampaikan media massa ditangkap individu sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan personal individu. Masing-masing individu mempunyai perhatian, minat, keinginan yang berbeda yang dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis yang ada pada diri individu tersebut sehingga mempengaruhi dalam menerima pesan yang disampaikan oleh media massa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Hasil yang dicapai koefesien berada pada nilai r (0,786) yang berada pada interval 0,60 − 0,799 dengan tingkat hubungan yang kuat, yang artinya motivasi belajar memasak siswa/i dipengaruhi oleh menonton tayangan Junior Masterchef Indonesia. Dan dapat disimpulkan bahwa tayangan Junior Masterchef Indonesia efektif dalam memotivasi siswa/i SDN 09 Pagi untuk belajar memasak.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorVida, Helen DianaNIDN321058203UNSPECIFIED
Thesis advisorTahapary, HanochUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
LANGUAGE AND LITERATURE > Philology. Linguistics > Communication. Mass media
TECHNOLOGY > Technology (General) > Communication of technical information
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 12 Mar 2021 06:26
Last Modified: 12 Mar 2021 06:26
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4083

Actions (login required)

View Item View Item