Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Differentiated Instruction Menggunakan Teori Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa

Ayuni, Glori (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Differentiated Instruction Menggunakan Teori Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (101kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh penerapan model pembelajaran differentiated instruction menggunakan teori kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (eksperimen semu). Penelitian ini dilakukan di SMPN 167 Jakarta pada bulan April - Mei 2019 pada tahun ajaran 2018/2019 dengan populasi penelitian yang digunakan adalah kelas VII. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas 7-C (kelas kontrol) dengan jumlah siswa sebanyak 30 dan kelas 7-D (kelas eksperimen) dengan jumlah siswa sebanyak 31. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kecerdasan majemuk untuk mengetahui kecerdasan majemuk siswa di kelas eksperimen dan 10 butir soal tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan Uji T untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh thitung sebesar 3,51 dengan taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 59. Dari taraf signifikansi sebesar 0,05 dan derajat kebebasan 59, maka diperoleh ttabel sebesar 2,0105. Dari hasil tersebut terlihat bahwa thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran differentiated instruction menggunakan teori kecerdasan majemuk dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran differentiated instruction menggunakan teori kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: differentiated instruction, teori kecerdasan majemuk, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimbolon, KerdidNIDN331126603UNSPECIFIED
Thesis advisorSihotang, HotmaulinaNIDN322056804UNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
SCIENCE > Mathematics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 27 Jan 2021 08:07
Last Modified: 27 Jan 2021 08:07
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item