Pengaruh Kecemasan Matematis Siswa Kelas VII Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Santo Markus Jakarta Timur

Wonijai, Tabita (2018) Pengaruh Kecemasan Matematis Siswa Kelas VII Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Santo Markus Jakarta Timur. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambar.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah faktor internal, yaitu faktor psikologis. Salah satu faktor psikologis adalah kecemasan. Kecemasan merupakan suatu perasaan yang mengacu pada suasana hati yang tidak nyaman yang berupa perasaan panik, gugup, khawatir ditimbulkan oleh adanya permasalahan. Kecemasan yang dijadikan permasalahan dalam penelitian ini adalah kecemasan yang menyebabkan ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk melihat mampu atau tidaknya siswa dalam mengerjakan permasalahan matematika dilakukan dengan menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Santo Markus Jakarta Timur yang terdiri dari 25 orang yang tersebar dalam 1 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak sebanyak 25 orang sebagai sampel total. Pengambilan sampel menggunakan Angket dan Hasil belajar atau biasa di sebut nilai raport. Berdasarkan output program SPSS, maka dapat nilai t hitung sebesar 17,831. Tabel distribusi t dicari pada tabel statistik pada signifikan 0,05/2 dengan derajat kebesaran df= n-k atau 25-2= 23. Hasil yang diperoleh untuk tabel t sebesar -2,148. Jika signifikan –t tabel ≤ t hitung ≤ t tabel, maka Ho diterimah. Jika signifikan –t hitung ˂ -t tabel atau t dihitung ˃ t tabel maka Ho ditolak karena nilai t hitung ˃ t tabel (17,831˃ -2,148 maka H1 direimah. Jadi dapat dikatakan bahwa ''Terdapat penagruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar siswa di SMP Santo Markus Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimbolon, KerdidNIDN331126603UNSPECIFIED
Thesis advisorManullang, BitmanNIDN322055701UNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
SCIENCE > Mathematics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:43
Last Modified: 27 Jan 2021 04:43
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item View Item