Pengembangan Permainan Monopoli Pada Materi Aritmetika Sosial Di SMP Kelas VII

Sihombing, Lilis Putriana (2019) Pengembangan Permainan Monopoli Pada Materi Aritmetika Sosial Di SMP Kelas VII. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text
Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
Datar_Pustaka.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli pada materi aritmatika sosial di SMP kelas VII, 2) mengetahui dengan adanya permainan monopoli dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran matematika terutama pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di SMP 165 Jakarta pada bulan maret hingga juni 2019. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru sekolah SMP 165 Jakarta dan menemukan masalah yang dialami oleh siswa di dalam kelas. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dihitung dengan perhitungan skala lima (standfive).Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran permainan monopoli pada materi aritmatika sosial yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan aspek media diperoleh dari 2 validasi ahli. Yaitu validasi ahli materi dengan skor sebesar 4,57 dengan kategori “Valid” dan validasi ahli media dengan skor 4,72 dengan kategori “Valid”). Selain itu, media pembelajaran terbukti meningkatkan keaktifan siswa dari sebelum menggunakan media memperoleh kognitif 63%, lingkungan 64%, dan afektif 61% yang termasuk kategori “kurang positif” dan meningkat sebesar kognitif 77%, lingkungan 77% dan afektif 79% yang termasuk kategori “Positif”. Kata kunci: Media pembelajaran permainan monopoli aritmatika sosial, Keaktifan belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: EDUCATION
SCIENCE > Mathematics > Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Sari Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 19 Nov 2019 01:54
Last Modified: 19 Nov 2019 01:54
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item View Item