Pardede, Parlindungan (2019) Menjadi Guru Zaman Now & Cara Pembelajaran Siswa Memasuki Era Industri 4.0. In: Conference: Seminar Guru Sekolah MahanaimAt: Bekasi, Indonesia, Bekasi.
Text
MenjadiGuruZamanNowCaraPembelajaranSiswaMemasukiEraIndustri.pdf Download (560kB) |
Abstract
Penelitian dari seluruh penjuru dunia mengungkapkan guru merupakan pemeran utama dalam proses pendidikan dan guru berkualitas (menguasai bidang studi, kompetensi pedagogis, manajemen kelas, komitmen memberikan pelayanan terbaik, dan kemauan untuk terus mengembangkan diri) adalah kunci bagi keberhasilan pembelajaran siswa. Karena kompetensi guru tidak statis, tapi berkembang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan zaman, maka agar tetap berkualitas di Era Industri 4.0, yang ditandai dengan penggunaan mesin-mesin pintar dalam semua sektor kehidupan, sangat urgen bagi guru untuk mampu menerapkan pembelajaran berbasis teknologi. Urgensi ini diperkuat oleh kenyataan bahwa semua peserta didik saat ini adalah Generasi Z yang tidak terpisahkan dari penggunaan mesin pintar dalam kehidupan mereka. Penggunaan teknologi secara intensif telah membentuk berbagai gaya belajar khas dalam diri Generasi Z, dan gaya-gaya belajar itu dapat difasilitasi dengan menggunakan teknologi. Selain itu, teknologi juga telah menimbulkan beberapa masalah dalam pembelajaran, dan solusi paling tepat justru ditawarkan oleh teknologi itu sendiri melalui penerapan blended learning, khususnya flipped classroom. Kata kunci: Generasi Z, kompetensi guru, pembelajaran berbasis teknologi, flipped classroom
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | EDUCATION EDUCATION > Theory and practice of education |
Depositing User: | Ms Mentari Simanjuntak |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 03:26 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 03:26 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4933 |
Actions (login required)
View Item |