Hubungan Kompensasi Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Yayasan Tunas Harapan Nusantara Di Bekasi

Tamba, Tionar (2012) Hubungan Kompensasi Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Yayasan Tunas Harapan Nusantara Di Bekasi. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (23kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (10kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompensasi dan motivasi kerja dengan kinerja guru TK, SD dan SMP Yayasan Tunas Harapan Nusantara Bekasi. Penelitian dilakukan di TK, SD dan SMP Yayasan Tunas Harapan Nusantara Bekasi yang dilakukan selama 4 bulan yaitu Juli sampai Oktober 2012. Variabel penelitian terdiri dari kompensasi (X1), motivasi kerja (X2) dan kinerja guru (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, yaitu dengan menghubungkan variabel yang satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian adalah guru-guru dari jenjang TK sampai SMP di Yayasan Tunas Harapan Nusantara Bekasi sebanyak 52 orang. Dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 46 orang, sedangkan sampel ujicoba sebanyak 20 orang yang diperoleh dari guru SD Tunas Bangsa Jakarta Pusat mengingat jumlah populasi penelitian terbatas. Teknik pengambilan sampel penelitian secara propostional (Proportional random sampling). Alasannya karena kondisi kelompok subpopulasi memiliki strata yang berbeda-beda. Strata tersebut antara lain dapat ditunjukkan melalui perbedaan jenjang pendidikan yaitu dari TK, SD dan SMP. Data diperoleh melalui instrumen penelitian yang berupa kuesioner dengan skala Likert, yang terdiri dari 40 butir pernyataan untuk masing-masing variabel. Melalui perhitungan validitas dan reliabilitas diperoleh kuesioner valid dan reliabel untuk variabel kinerja guru sebanyak 35 butir pernyataan, kompensasi sebanyak 34 butir pernyataan, dan motivasi kerja sebanyak 35 item dan. Pengujian persyaratan analisis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, dan linieritas. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal dan hubungan variabel-variabel bersifat linear. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompensasi dengan kinerja guru Yayasan Tunas Harapan Nusantara di Bekasi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,656 dan nilai thitung (5,768) lebih besar dari ttabel (2,015). Semakin baik kompensasi yang diterima, maka semakin baik kinerja guru Yayasan Tunas Harapan Nusantara di Bekasi. 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru Yayasan Tunas Harapan Nusantara di Bekasi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,613 dan nilai thitung (5,142) lebih besar dari ttabel (2,015). Semakin baik motivasi kerja, maka semakin baik kinerja guru Yayasan Tunas Harapan Nusantara di Bekasi 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompensasi dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru Yayasan Tunas Harapan Nusantara di Bekasi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,720 dan nilai Fhitung (23,192) lebih besar dari Ftabel (3,214). Semakin baik kompensasi dan motivasi kerja, maka semakin baik kinerja guru Yayasan Tunas Harapan Nusantara di Bekasi./ This research is aimed to know the correlation between compensation and working motivation with teachers’ duties of kingdergaten, Elementary school and junior high school at Tunas Harapan Nusantara Foundation Bekasi. The research has ben done at kingdergarten, Elementary school ang junior high school for 4 monts from Juli to october 2012. the research variabel consists of (X1), working motivation (X2) and teachers’duties (Y2). The method used in this research is a survey method trough correlational approach, that means correlating one variabel to another the population in the research are the teachers from kindergarten up to junior high school levels in Tunas Harapan Nusantara Bekasi with 52 teachers. By using the slovins formula, the number of research sample with 46 teachers is obtained where as the try out sample with 20 teachers is obtained from Elementary school teachers of Tunas Bangsa central Jakarta because the research population number is limited. The technic of taking the research is done proportionaly (proportional random sampling). It is because the condition of sub population has different strata. It can be showed by the diffrence of educational level from kindergarten up to junior high school. The data is obtained by the research instrument like questionnaire with Likert scale, that consists of 40 items for each variable. By the validity and reliabilty calculations, it’s gained valid and reliable questionnaire for techers’duties variability with 35 items, compensation with 34 items and working motivation with 35 items. The analysis of testing requirement is done by using normality test and linearity. The result of calculation shows that the research data is normal and the relation of variabilities are linear. The out come of hypothesis testing shows as follows; 1) it’s obtained the positive and significant ccorrelations between teacher’s duties compesatioon in Tunas Harapan Nusantara foundation Bekasi. This is showed by the correlation coefficient (r) of 0,656 and tcount (5,768) is greater the better the teacher’duties of Tunas Harapan Nusantara Foundation in Bekasi. 2) It’s obtained the positive and significant correlations between working motivation with teachers’duties it is showed by the correlation coefficient (r) of 0,613 and t count (5.142) is greater than t table (2.015). The better the working motivation the better teachers’duties of Tunas Harapan Nusantara Foundation in Bekasi. 3) It’s also obtained the positive and significant correlations between compensation and working motivation together with the teacher’s duties . It is showed by the value multiple correaltion coefficient (R) of 0,720 and F count (23,192) is greater than F table 3.214. the better the compesation and working motivation the better the teachers’duties of Tunas Harapan Nusantara Foundation in Bekasi.

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHutagaol, SaidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorHaryono, AnungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Personnel management. Employment management
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:51
Last Modified: 12 Aug 2021 08:51
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4759

Actions (login required)

View Item View Item