Implementasi Sentra Persiapan Sebagai Model Pembelajaran Dalam Mengenalkan Keaksaraan Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di KB - TK Pembangunan Jaya

Maryani, Yani (2019) Implementasi Sentra Persiapan Sebagai Model Pembelajaran Dalam Mengenalkan Keaksaraan Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di KB - TK Pembangunan Jaya. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambar.pdf

Download (833kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (158kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model pembelajaran di Sentra yang ada di KB-TK Pembangunan Jaya. Fokus dalam penelitian ini, tentang pengenalan pembelajaran keaksaraan anak usia 5-6 tahun yang didasari oleh adanya kekhawatiran orang tua tentang permasalahan pembelajaran keaksaraan. Terkait dengan pengenalan keaksaraan di KB-TK Pembangunan menggunakan model pembelajaran Sentra Persiapan sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan mengenalkan keaksaraan anak tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Sentra Persiapan dan Peserta Didik KB-TK Pembangunan Jaya. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dimana terdapat beberapa langkah : menganalisa data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan-kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bagaimana pelaksanaan dan hambatan-hambatan yang terjadi dalam pembelajaran mengenalkan keaksaraan. Penggunaan metode dan media yang tepat, bervariasi dan menarik mampu menghilangkan rasa bosan dan mendorong anak untuk mengerjakan kegiatan yang diberikan oleh guru sampai selesai. Maka dapat disimpulkan bahwa peran sentra persiapan dalam mengembangkan kemampuan mengenalkan keaksaraan di KB-TK Pembangunan Jaya Tahun Ajaran 2018 – 2019 sudah baik dan dapat diterima oleh orang tua sebagai stakeholder. Kata kunci: Sentra Persiapan, keaksaraan, hambatan. This research is aimed to describe sentra learning model in KB-TK Pembangunan Jaya. The focus of this research is regarding to literacy learning introduction for 5 to 6-year-old children that is based on parents’ concern about literacy learning problems. Regarding to literacy learning introduction, in KB-TK Pembangunan is using sentra persiapan learning model as a media to develop the ability to introduce the child’s literacy. This research is using descriptive qualitative approach with data collection technique such as, observation, interview and documentation. The subject in this research is sentra persiapan teachers and students of KB-TK Pembangunan Jaya. Data analysis technique is using Miles and Huberman model which include several steps: data analysing, data reduction, data presentation and conclusions. Based on the result of this research and data analysis shows how the implementation and obstacles that occur in literacy learning introduction. Various kinds of densities prepared by teachers in sentra persiapan to be able to develop child’s literacy. The use of proper, varied and interesting method and media is able to eliminate boredom and encourage children to do activities that are given by teachers until they are done. Therefore, it can be concluded that the role of sentra persiapan in developing the literacy introduction in KB-TK Pembangunan Jaya Academic Year 2018 – 2019 is good and can be accepted by parents as stakeholders. Keywords: “Sentra Persiapan”, literacy, obstacles.

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimbolon, Bintang R.NIDN320086508bintang.simbolon@uki.ac.id
Thesis advisorLimbong, MestaNIDN320035801mesta.limbong@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:37
Last Modified: 10 Aug 2021 08:37
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4729

Actions (login required)

View Item View Item