Pengaruh Efikasi Diri Dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Komitmen Organisasi SPK SD DAN SMP Di Kecamatan Cengkareng Dan Kalideres

Fung, Boen Kim (2020) Pengaruh Efikasi Diri Dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Komitmen Organisasi SPK SD DAN SMP Di Kecamatan Cengkareng Dan Kalideres. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi)
HalJudulAbstrakDaftarIsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (152kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efikasi diri dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasi guru di SPK SD dan SMP di kecamatan Cengkareng dan Kalideres. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik survey dan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru warga negara Indonesia yang mengajar di SPK SD dan SMP di kecamatan Cengkareng dan Kalideres yang berjumlah 203 orang. Penulis menggunakan tabel Krejcie dan Morgan untuk menentukan jumlah sampel. Sampel yang diambil berjumlah 118 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kuesioner. Data dari kuesioner diolah dengan menggunakan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh efikasi diri terhadap komitmen organisasi guru adalah sebesar 11,9%, dan t hitung adalah 3,954 (lebih besar dari pada t tabel 1,98063), ini berarti bahwa persamaan regresinya adalah signifikan yaitu y = 1,986+0,360 X. (2) Kepuasan kerja berpengaruh sebesar 50,4% terhadap komitmen organisasi guru, sedangkan nilai t hitung nya adalah 10,855 (lebih besar dari t tabel 1,98063), ini berarti bahwa persamaan resgresinya adalah signifikan yaitu y = 0,848+0,667 X. (3) Efikasi dan kepuasan kerja berpengaruh sebesar 51,9% terhadap komitmen organisasi guru. Sedangkan 48,1% komitmen organisasi guru dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: efikasi diri, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi/ The purpose of this study was to examine the effect of self-efficacy and job satisfaction on organizational commitment for primary and junior high school teachers. The study was conducted using quantitative research design and correlation model. The population in this study were 203 primary and junior high school SPK local teachers in Cengkarng and Kalideres sub-districts. Krejcie & Morgan table was used to determine the number of samples.The sample of this study was 118 teachers from 4 SPK schools. The data were obtained by distributing questionnaire and analyzed by Pearson Product Moment. The results of the research showed that (1) The effect of self-efficacy on Teachers’ organizational commitment was 11,9% and the t count value was 3,954 (greater than t table 1,98063) which meant that the regression equation was very significant: y = 1,986+0,360 X. (2) Job satisfaction significantly affected teachers’ organizational commitment by 50,4%: t count was 10,855 (greater than t table 1,98063) which meant that the regression equation was significant: y = 0,848+0,667 X. (3) Self-efficacy and Job satisfaction simultaneously affected teachers’ organizational commitment by 51.9% and 48,1% of that commitment was affected by other variables which not included in the research. Keywords: Self Efficacy, Job Satisfaction, Organizational Commitment

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 16 Apr 2021 07:33
Last Modified: 16 Apr 2021 07:33
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

View Item View Item