Hubungan Antara Pelayanan Bimbingan Kelompok Dengan Upaya Pengembangan Perilaku Sosial Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 14 Jakarta

Sitohang, Antonius (2016) Hubungan Antara Pelayanan Bimbingan Kelompok Dengan Upaya Pengembangan Perilaku Sosial Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 14 Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (101kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh jawaban dari pertanyaan bagaimana hubungan antara pelayanan bimbingan kelompok dengan pengembangan perilaku sosial siswa di SMA Negeri 14 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Jakarta pada tahun ajaran 2015/2016 semester genap. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif dengan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket atau kuesioner. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 14 Jakarta yang duduk di kelas XI dengan jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 144 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 siswa dengan uji coba 44 siswa. Instrumen penelitian berupa model Skala Likert yang mengukur masalah Hubungan Antara Pelayanan Bimbingan Kelompok Dengan Pengembangan Perilaku Sosial Siswa di SMA 14 Jakarta. Dengan model ini maka variabel yang akan diukur menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut di jadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang dapat berupa pernyatan-pernyataan. Melihat keseluruhan hasil maka dapat di simpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan bimbingan kelompok dengan pengembangan perilaku sosial siswa di SMA Negeri 14 Jakarta. hal ini dapat diketahui melalui uji regresi sederhana yang di peroleh yaitu Ŷ = 30,540+0,240X, apabila bimbingan kelompok lebih ditingkatkan oleh guru bimbingan dan konseling, maka pengembangan perilaku sosial siswa pun akan semakin meningkat. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,395 yang menunjukkan korelasi kedua variabel adalah bersifat rendah serta koefisien determinasi sebesar 0,156 hal tersebut dikarenakan kurang efektif pelayanan bimbingan kelompok di sekolah tersebut dan karena kurang minat siswa untuk mengikuti bimbingan kelompok. Hubungannya pun signifikan, hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis data bahwa signifikansi pada tabel anova sebesar 0,000<0,005. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa Hubungan Antara Pelayanan Bimbingan Kelompok Dengan Pengembangan Perilaku Sosial Siswa di SMA Negeri 14 Jakarta signifikan. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Dinamika Kelompok, Perilaku Sosial dan Remaja. This research was done to obtain an answer for question how the relationship between group guidance services with the development of students social behavior at SMA Negeri 14 Jakarta. This research was conducted at SMA Negeri 14 Jakarta in the second semester on 2015/2016. The research method is quantitative with correlational approach and used questionnaires as instrument to get the data. The population that used in this research is student at SMA Negeri 14 Jakarta in class XI to amount to 144 students. The sample in this study were 100 students with 44 students for test. The research instrument used Likert Scale model which measures problems relationship between group guidance services with the development of students social behavior. The variables to be measured into the indicator variables and then indicators are in use as a starting point to construct items instruments which can be either statements. Look at the overall results, it can be concluded that there is no significant relationship between group guidance services with the development of students social behavior at SMA Negeri 14 Jakarta. It can be detected through a simple regression test were obtained that Y = 30.540 + 0,240X. When the group guidance is further enhanced by the teacher guidance and counseling, the social behavior of students will increase. With a correlation coefficient of 0.395 which shows the correlation between the two variables is both low and determination coefficient of 0.156 it is due to lack of effective group guidance services in schools and the lack of interest of students to participate in group guidance. The relationship significant, it is evident from the results of data analysis that the significance of the ANOVA tables of 0.000 <0.005. The results of the data analysis showed that the relationship between group guidance services with the development of students social behavior significant. Keyword: group guidance, dynamics of group, social behavior and aolescent.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLimbong, MestaNIDN320035801UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDGunawan, RonnyNIDN309107701UNSPECIFIED
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Psychology
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:17
Last Modified: 29 Jan 2021 07:17
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item View Item