Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa/I Kelas VIII SMPN 252 Jakarta

Purwati, Yemima (2014) Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa/I Kelas VIII SMPN 252 Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarLampiran.pdf

Download (627kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (177kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas Pengaruh Kemampuan Numerik dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto dan populasinya yaitu siswa/I kelas VIII SMPN 252 Jakara sebanyak 144 siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa/i kelas 8-1, 8-4, dan 8-6 SMPN 252 Jakarta dengan total sampel 108 siswa. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu Hasil Belajar Matematika (Y) dengan variabel bebas pertama dari penelitian ini yaitu Kemampuan Numerik (X1) dan variabel bebas kedua yaitu Disposisi Matematis (X2). Untuk mendapatkan data hasil belajar matematika, peneliti memberi instrumen tes sebanyak 20 soal yang sebelumnya telah diuji validitasnya, begitu juga dengan dat kemampuan numerik. Untuk data disposisi matematis dengan menjawab kuesioner sebanyak 29 pernyataan yang telah diujui validitas, perhitungan kuesioner menggunakan skala likert, dengan 4 alternatif jawaban. Dasar pengambilan keputusan suatu butir pernyataan valid apabila thitung > ttabel dan reliabel apabila rhitung > rtabel. Untuk uji kenormalan data dilakukan Uji Lilliefors. Hasil perhitungan uji normalitas menunjukkan Lhitung < Ltabel , maka dapat disimpulkan bahwa semua data berdistribusi normal. Analisis regresi sederhana dinyatakan linier apabila Fhitung < Ftabel dan regresi ini dinyatakan berarti apabila Fhitung > Ftabel pada . Dari hasil perhitungan koefisien korelasi ganda, apabila Thitung > Ttabel pada maka hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika, antara disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika, serta antara kemampuan numerik dan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa/i kelas VIII SMPN 252 Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKandola, AmosUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSimbolon, KerdidNIDN331126603UNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
SCIENCE > Mathematics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:49
Last Modified: 27 Jan 2021 04:49
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3170

Actions (login required)

View Item View Item