PENINGKATAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) LITERASI DAN NUMERASI SISWA KELAS V DI SDN PULOGADUNG 07

Napitupulu, Ayu ArthaSari Beangelita (2025) PENINGKATAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) LITERASI DAN NUMERASI SISWA KELAS V DI SDN PULOGADUNG 07. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text
HalJudulDaftarIsiDaftarGambarDaftarTabelAbstrak.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BABI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Dalam dunia Pendidikan keterampilan dasar seperti literasi dan numerasi sangatlah penting, yang dimulai dari sekolah dasar dan tingkat lanjut. Namun, dari hasil PISA kemampuan literasi dan numerasi di Indonesia masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan literasi dan numerasi dapat berpengaruh pada kesulitan siswa untuk memahami materi yang dipelajari, mengelola informasi secara efektif. Oleh karena itu, diperlukan intervrensi pembelajaran yang bisa membantu kemampuan literasi dan numerasi siswa. Penelitian ini bertunjuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas V di SDN Pulogadung 07 setelah diberikannya intervensi pembelajaran yang telah disusun penulis. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deksriptif dengan desain one group pretest – posttest, dimana siswa melakukan tes AKM awal (pretest), setelah itu diberikan intervensi pembelajaran, lalu siswa melakukan test AKM akhir (posttest). Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah 20 soal pilihan ganda AKM awal dan 20 soal pilihan ganda AKM akhir, 30 siswa kelas V merupakan subjek penelitian. Untuk melihat sejauh mana peningkatan hasil AKM menggunakan uji Gain. Hasil penelitian menunjukan terdapatnya peningkatan hasil AKM literasi dan numerasi siswa setelah dilakukan intervensi pembelajaran, peningkatan pada literasi mecapai 0,179 dan masuk katagori rendah, sedangkan numerasi mencapai 0,379 dan masuk katagori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSimbolon, Kerdid0331126603Kerdidsimbolon@gmail.com
UNSPECIFIEDDitasona, Candra0305108703candra.ditasona@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Ayu ArthaSari Beangelita Napitupulu
Date Deposited: 29 Sep 2025 09:47
Last Modified: 29 Sep 2025 09:47
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/20702

Actions (login required)

View Item View Item