Olla, Yufran Meliando (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI PROSES DAN PRODUK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA MATERI TERMODINAMIKA DI SMA NEGERI 71 JAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA.
![]() |
Text (Hal_Judul_Daftar_isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiranAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (189kB) |
![]() |
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (279kB) |
![]() |
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (336kB) |
![]() |
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (138kB) |
![]() |
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (168kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
PENGARUH PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI PROSES DAN PRODUK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA MATERI TERMODINAMIKA DI SMA NEGERI 71 JAKARTA Yufran Meliando Olla Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terdiferensiasi proses dan produk terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi termodinamika di SMAN 71 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 71 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas XI-A sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas XI-B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purpose sampling. Kelas XI-A sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran terdiferensiasi proses dan produk sedangkan kelas XI-B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ceramah. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur motivasi dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi termodinamika. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata motivasi sebesar 66,89% dan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 55,00 pada kelas kontrol sedangakan pada kelas eksperimen rata-rata motivasi sebesar 84,88% dan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,00. Nilai rata-rata N-gain untuk motivasi sebesar 71,10% yang termasuk dalam kategori tinggi dan hasil belajar siswa yaitu sebesar 71.78% termasuk dalam kategori tinggi pada kelas eksperimen sedangakan nilai N-gain kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang dan rendah dengan persentase sebesar 37.8% dan 26.68%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran terdiferensiasi proses dan produk memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi termodinamika di SMA Negeri 71 Jakarta, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran terdiferensiasi proses dan produk dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Terdiferensiasi Proses dan Produk, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Fisika, Termodinamika
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Yufran Meliando Olla | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:12 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/19225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |