Frendy, Jessica Villiant and Elyana, Elyana (2023) Penggunaan Aplikasi Chinese Conversation dalam Pembelajaran Percakapan bahasa Mandarin Siswa Semester 4 Prodi Bahasa Mandarin UKI. Fenghuang: Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin, 2 (2). pp. 7-14. ISSN 3025-5775
Text
PenggunaanAplikasiChineseConversation.pdf Download (211kB) |
Abstract
Belajar bahasa Mandarin sudah dipermudah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, karena terdapat banyak cara bagaimana kita dapat belajar bahasa Mandarin dengan menggunakan alat komunikasi yang hampir seluruh warga negara di dunia menggunakan alat yang disebut handphone/ponsel. Hanya dengan internet dan ponsel sudah bisa belajar bahsa Mandarin. Ada berbagai macam aplikasi yang dapat mempermudah belajar bahasa Mandarin tanpa harus pergi keluar rumah, salah satu aplikasi yang akan dibahas yaitu aplikasi Chinese Conversation. Dengan penelitian ini membantu Siswa belajar percakapan bahasa Mandarin, juga menjelaskan pentingnya percakapan dalam belajar bahasa Mandarin. Pada metode penelitian dilakukan langkahlangkah seperti rancangan penelitian, dan teknik pengumpulan data dengan Kuisioner terhadap siswa. Dan hasil dari penelitian yaitu dengan menggunakan aplikasi Chinese Conversation siswa dapat dipermudah dengan berbagai kelebihan yang ada dalam fitur aplikasi tersebut, sehingga membuat siswa tertarik karena terdapat kata-kata dan gambar yang menyenangkan dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Kata Kunci : Aplikasi, pembelajaran, bahasa Mandarin, percakapan. / Learning Mandarin has been made easier by taking advantage of current technological developments, because there are many ways on how we can learn Mandarin by using a communication tool, in which almost all citizens in the world use a device called a mobile phone. So only with the internet and cellphone capital can we start learning language. Therefore, there are lots of applications that can make it easier to learn Mandarin without having to leave the house, one of the applications that will be discussed is the Chinese Conversation application. With this research helping students learn conversational Mandarin, it also explains the importance of conversation in learning Mandarin. In the research method carried out steps such as research design, and data collection techniques with questionnaires to students. And the results of the study are that by using the Chinese Conversation application students can be made easier with the advantages that exist in the application features, and make students interested because there are fun words and pictures in learning Mandarin. Keywords : Application, learning, Mandarin language, conversation.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION LANGUAGE AND LITERATURE |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:15 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:15 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17678 |
Actions (login required)
View Item |