Damayanti, Tesalonika (2024) Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik di SMA Ignatius Slamet Riyadi Jakarta Timur. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiranAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (773kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (946kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi keterkaitan antara intensitas penggunaan media sosial TikTok dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Ignatius Slamet Riyadi Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas X SMA Ignatius Slamet Riyadi Jakarta Timur dengan jumlah populasi sebanyak 85 siswa, teknik pengambilan sampel digunakan adalah metode purposive sampling, sebanyak 39 siswa yang memenuhi kriteria penelitian yaitu: siswa kelas X SMA Ignatius Slamet Riyadi Jakarta Timur yang menggunakan media sosial TikTok dan siswa yang menggunakan aplikasi TikTok lebih dari 3 jam/sehari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner, instrumen dalam penelitian ini mengadopsi instrumen intensitas penggunaan media sosial TikTok yang terdiri dari 16 item dengan skor reliabilitas sebesar 0,900 dan instrumen Prokrastinasi akademik yang terdiri dari 23 item dengan skor reliabilitas sebesar 0.874. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, uji normalitas, uji reliabilitas dan uji korelasi. Hasil analisis korelasi menunjukkan nilai signifikan 0.001 (sig < 0.0.5) dan nilai rhitung: 0.667. Mengacu pada pengambilan hipotesis maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaan media sosial TikTok dengan prokrastinasi akademik dengan variabel intensitas TikTok memberikan sumbangsih sebanyak 44.5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial TikTok maka semakin tinggi juga tingkat prokrastinasi akademik siswa, begitupun sebaliknya. Saran yang diberikan adalah siswa diharapkan bisa menggunakan waktunya dengan bijak terlebih dalam penggunaan media sosial TikTok, agar meminimalisir perilaku prokrastinasi akademik. Penelitian ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh guru BK sebagai bahan masukan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling yang sesuai kepada siswa yang mengalami prokrastinasi akademik dikarenakan intensitas penggunaan media sosial. Kata Kunci : Intensitas Penggunaan, Media Sosial TikTok, Prokrastinasi Akademik. / The goal of this study is to determine the association between high school students TikTok use and academic procrastinatination behavior. TikTok social media has been linked to academic procrastination among pupils at Ignatius Slamet High School in Riyadi, East Jakarta. This study employs quantitative research with a correlational focus. This study was carried out on X grade students at Ignatius Slamet Riyadi High School, East Jakarta. The study was conducted at Slamet Riyadi High School in East Jakarta, with a population of 85 students. Purposive sampling was used to select up to 39 students who met the research criteria, including X grade students who use TikTok social media and the TikTok app. Research This research uses the following techniques descriptive analysis, normality test, reliability test and correlation test. The results of the correlation analysis showed a significant value of 0.001 (sig < 0.0.5) and rcount value: 0.667. Referring to the hypothesis making, Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a positive and significant relationship between the intensity of use of TikTok social media with academic procrastination with the the variable TikTok intensity gives. Keywords: Intensity of Use, Social Media, Academic Procrastination
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION EDUCATION > Education (General) EDUCATION > College and school magazines and papers |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling | ||||||||||||
Depositing User: | Users 5283 not found. | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2024 10:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2024 10:21 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16767 |
Actions (login required)
View Item |