Strategi Pemasaran Kuali Kuning dalam Menarik Minat Beli Publik

Marpaung, Angelica Kristin Theresia (2024) Strategi Pemasaran Kuali Kuning dalam Menarik Minat Beli Publik. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (756kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (157kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (197kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (98kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (670kB)

Abstract

Kuali Kuning merupakan sebuah usaha masakan rumahan nasi bakar yang sudah ada sejak awal Maret 2022. Kuali Kuning ini didirikan oleh Melati Sesilia yang merupakan influencer dan alumni grup musik JKT48. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan bagaimana evaluasi strategi pemasaran Kuali Kuning dalam menarik minat beli publik. Strategi pemasaran adalah salah satu metode untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Strategi pemasaran akan mencapai hasil yang maksimal jika didukung oleh perencanaan yang terstruktur dengan baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori Marketing mix 4p. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah coding. Coding adalah proses mengatur data yang mentah ke dalam berbagai teori konseptual dengan mengunakan tema atau konsep. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, ditemukan bahwa strategi produk yang dilakukan oleh Kuali Kuning untuk menarik minat beli publik yaitu dengan melakukan manajemen bahan baku yang baik, memberikan pelayanan kepada konsumen tanpa adanya diskriminasi, memilih packaging yang dapat mempermudah pembelian melalui online. Strategi harga yang dilakukan oleh Kuali Kuning dalam menarik minat beli publik adalah dengan memberikan harga yang terjangkau tetapi memiliki kualitas produk yang baik. Strategi tempat atau distribusi yang dilakukan oleh Kuali Kuning nasi bakar dalam menarik minat beli pelanggan adalah dengan memilih lokasti outlet yang strategis dan mendistribusikan produk nya melalui platform digital seperti Grab, Gojek, dan Shopee. Strategi promosi yang dilakukan oleh Kuali Kuning nasi bakar dalam menarik minat beli pelanggan yaitu dengan melakukan periklanan dan hubungan masyarakat melalui media sosial TikTok, serta penjualan personal ketika sedang berada pada suatu acara tertentu. / Kuali Kuning is a grilled rice home cooking business that has been around since early March 2022. Kuali Kuning was founded by Melati Sesilia who is an influencer and alumni of the JKT48 music group. The purpose of this research is to find out how marketing strategies and how to evaluate Kuali Kuning's marketing strategies in attracting public buying interest. Marketing strategy is one of the methods to introduce products to consumers. Marketing strategies will achieve maximum results if supported by well-structured planning from internal and external companies. This research uses the 4p Marketing mix theory. This research uses qualitative research methods. The data analysis technique used in this research is coding. Coding is the process of organizing raw data into various conceptual theories using themes or concepts. Based on the data that has been collected, it is found that the product strategy carried out by Kuali Kuning to attract public buying interest is by doing good raw material management, providing services to consumers without discrimination, choosing packaging that can facilitate online purchases. The price strategy carried out by Kuali Kuning in attracting public buying interest is to provide affordable prices but have good product quality. The place or distribution strategy carried out by Kuali Kuning Nasi Bakar in attracting customer buying interest is by choosing strategic outlet locations and distributing its products through digital platforms such as Grab, Gojek, and Shopee. The promotional strategy carried out by Kuali Kuning Nasi Bakar in attracting customer buying interest is by advertising and public relations through TikTok social media, as well as personal selling when they are at a certain event.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMali, Fransiskus X. Gian TueNIDN0325099002fxgiantue.mali@uki.ac.id
Thesis advisorParamasari, Silvia NevaneNIDN0313119403silvia.paramasari@uki.ac.id
Subjects: TECHNOLOGY > Technology (General) > Communication of technical information
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 5356 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:30
Last Modified: 21 Aug 2024 08:30
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16375

Actions (login required)

View Item View Item