Perbandingan Hasil Belajar Bahasa Mandarin dengan Menggunakan Media Komputer dan Tanpa Media Komputer di Kelas X SMA Kasih Depok

Putri, Tika (2012) Perbandingan Hasil Belajar Bahasa Mandarin dengan Menggunakan Media Komputer dan Tanpa Media Komputer di Kelas X SMA Kasih Depok. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (218kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (143kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (340kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (361kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (371kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar bahasa Mandarin antara kelas yang menggunakan komputer dengan yang tidak menggunakan komputer sebagai media pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMA KASIH DEPOK pada bulan Juli 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jumlah sampel 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa menggunakan komputer sebagai media pembelajaran (kelas eksperimen) dan 19 siswa tidak menggunakan komputer sebagai media pembelajaran (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar bahasa Mandarin. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda rata-rata (uji t) pada taraf signifikan (α) 0,05. Dari analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar bahasa Mandarin siswa yang menggunakan media komputer (kelas eksperimen) sebesar 91,05, median sebesar 90, dan modus sebesar 100. Sedangkan siswa yang tidak menggunakan media komputer (kelas kontrol) memperoleh rata-rata hasil belajar bahasa Mandarin sebesar 73,16, median sebesar 70, dan modus sebesar 70. Uji persyaratan analisis meliputi pengujian normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan pengujian homogenitas menggunakan uji Barlett. Dari hasil perhitungan normalitas dengan menggunakan SPSS 17.0 diperoleh nilai signifikan (Sig.(2-tailed)) pada hasil belajar bahasa Mandarin kelas eksperimen sebesar 0,108, dan nilai signifikan (Sig.(2- tailed)) pada hasil belajar bahasa Mandarin kelas kontrol sebesar 0,133. Karena kedua nilai signifikan (Sig.(2-tailed)) lebih besar dari taraf signifikan (α) 0,05, maka data kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pengujian homogenitas dengan menggunakan SPSS 17.0 diperoleh nilai signifikan dari Based on Mean sebesar 0,083, karena nilai signifikan lebih besar dari taraf signifikan (α) 0,05, maka kedua sampel memiliki variansi yang sama (homogen). Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 6,266 dengan nilai signifikan (Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000. Karena t hitung (6,266) lebih besar dari t tabel (2,028) dan nilai signifikan (0,000) lebih kecil dari taraf signifikan (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Mandarin yang menggunakan komputer sebagai media pembelajaran dengan yang tidak menggunakan komputer sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarmo, Roline S.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAli, Isnandar RahmaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Mr Glenn Simanjuntak
Date Deposited: 08 Nov 2024 02:20
Last Modified: 08 Nov 2024 02:20
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16074

Actions (login required)

View Item View Item