Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Online di Indonesia Ditinjau dari Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Ariyanti, Yolanda Dewi (2024) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Online di Indonesia Ditinjau dari Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiranAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (655kB)
[img] Text (BAB_I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (322kB)
[img] Text (BAB_II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (274kB)
[img] Text (BAB_III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (341kB)
[img] Text (BAB_IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (346kB)
[img] Text (BAB_V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (130kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (233kB)

Abstract

Di Indonesia, pertumbuhan platform e-commerce dan adopsi teknologi digital telah memungkinkan konsumen untuk berbelanja secara praktis, namun juga menimbulkan masalah perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online. Kasus penipuan online dan tantangan perlindungan hak kekayaan intelektual menjadi perhatian utama dalam konteks ini. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah bentuk pengaturan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual beli online di Indonesia dan Bagaimana pertanggung jawaban pelaku usaha atas kerugian yang dialami oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis normatif atau hukum normatif ini memiliki definisi yang sama dengan penelitian doktrinal yaitu penelitian yang berdasarkan bahan – bahan hukum yang fokusnya pada membaca dan mempelajari bahan hukum primer dan sekunder. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, Dengan mengikuti peraturan – peraturan yang telah berlaku ini, konsumen dan pelaku usaha dapat memperoleh sebuah kepercayaan dalam melakukan transaksi jual beli dan mengurangi berbagai permasalahan hukum yang dapat menimbulkan sebuah kerugian bagi konsumen.Pelaku usaha dalam jual beli online memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi yang akurat dan jujur kepada konsumen terkait barang dan/atau jasa yang ditawarkan, serta bertanggung jawab atas kerugian, pencemaran, atau kerusakan yang dialami konsumen akibat barang dan/atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan. / In Indonesia, the growth of e-commerce platforms and the adoption of digital technology has enabled consumers to shop conveniently, but it has also raised consumer protection issues in online buying and selling transactions. Cases of online fraud and challenges to the protection of intellectual property rights are a major concern in this context. The formulation of the problem in this thesis is whether the form of legal protection arrangements for consumers in online buying and selling transactions in Indonesia and how the responsibility of business actors for losses suffered by consumers. This research uses normative juridical research or normative law has the same definition as doctrinal research, namely research based on legal materials whose focus is on reading and studying primary and secondary legal materials. From the results of this study it can be concluded, by following these applicable regulations, consumers and business actors can gain trust in conducting buying and selling transactions and reduce various legal problems that can cause harm to consumers. Business actors in online buying and selling have the responsibility to provide accurate and honest information to consumers regarding the goods and / or services offered, and are responsible for the loss, pollution, or damage experienced by consumers due to the goods and / or services produced or traded.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWidiarty, Wiwik SriNIDN0327096504wiwik.sriwidiarty@uki.ac.id
Thesis advisorPandiangan, Hendri JayadiNIDN0302117904hendri.pandiangan@uki.ac.id
Subjects: LAW
Divisions: FAKULTAS HUKUM > Ilmu Hukum
Depositing User: Users 4619 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 04:11
Last Modified: 16 Apr 2024 04:11
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14282

Actions (login required)

View Item View Item