Tanggung Jawab Maskapai Qatar Airways Terhadap Kehilangan Uang Penumpang Dalam Penerbangan Dari Doha Menuju Jakarta ( Studi Kasus : Putusan Nomor: 117 PK/Pdt.Sus- BPSK/2017)

Atikha, Miranda (2020) Tanggung Jawab Maskapai Qatar Airways Terhadap Kehilangan Uang Penumpang Dalam Penerbangan Dari Doha Menuju Jakarta ( Studi Kasus : Putusan Nomor: 117 PK/Pdt.Sus- BPSK/2017). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text
Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB_I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Transportasi penerbangan merupakan sarana yang berfungsi untuk memperjalankan penumpang dan barang dengan memanfaatkan ruang udara sebagai media lalu lintasnya. Perkembangan penerbangan sayangnya tidak diimbangi dengan peningkatan keamanan dalam penerbangan yang dapat merugikan penumpang. Berdasarkan Undang-Undang Peraturan Menteri Nomor 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Angkutan Udara. Dimana tanggung jawab angkutan udara untuk menegakkan hak dan kewajiban konsumen yang akan ditinjau berkaitan perlindungan konsumen untuk penyelesaian sengketa konsumen seperti kehilangan dan/atau kerusakan barang pada bagasi kabin atau bagasi tercacat. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis penelitian normatif yaitu penelitian yang menekankan sumber informasinya dari literatur hukum, seperti buku-buku yang relevan, dokumen, jurnal, makalah, dan tulisan-tulisan pada berbagai website yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen sebagai objek penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis yang bertujuan menggambarkan suatu keadaan berupa fenomena penumpang yang mengalami kehilangan dan atau kerusakan pada bagasi tercatat maupun bagasi kabin ketika sedang berpergian menggunakan transportasi udara. Berdasarkan hal tersbut maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dipadukan dengan bahan-bahan hukum dengan Peraturan Perundang-Undangan. Pihak penerbangan harus menjaga keamanan penumpang khusus barang/jasa. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen harusnya Pemerintah harus melakukan peningkatan pelayanan penerbangan Indonesia yang berkualitas menuju konsumen Indonesia lebih bermartabat. KATA KUNCI : Tanggung Jawab, Ganti Rugi. Aviation transportation is a means that serves to carry out passengers and goods by utilizing air space as a medium of traffic. The development of flights is unfortunately not balanced with increased safety in flight that can harm passengers. Based on the Ministerial Regulation Number 77 of 2011 concerning Air Transport Responsibility. Where the air transport responsibility to uphold the rights and obligations of consumers to be reviewed relates to consumer protection for the resolution of consumer disputes such as loss and / or damage to goods in cabin baggage or defective baggage. This study uses normative research type research that is research that emphasizes the source of information from the legal literature, such as relevant books, documents, journals, papers, and writings on various websites in accordance with Law Number 8 of 1999 Concerning Consumer Protection as an object of research. The nature of this study is analytical descriptive which aims to describe a situation in the form of a phenomenon of passengers who experience loss and or damage to the checked baggage and cabin baggage when traveling using air transportation. Based on this, this study aims to analyze the problems that are combined with legal materials with legislation. The airlines must maintain the security of passengers of special goods / services. Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection should be that the Government should improve the quality of Indonesian aviation services towards more dignified Indonesian consumers. KEYWORDS : Responsibility, Compensation.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTobing, Gindo EdwardUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorPandiangan, Elly A. M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: LAW > Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > Comparative law. International uniform law
Divisions: FAKULTAS HUKUM > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 30 Mar 2020 05:12
Last Modified: 30 Mar 2020 05:12
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item