Fatimatuzzahra, Restu (2024) Profil Nilai Teori dan Praktikum Mata Kuliah “X” Berdasarkan Jenis Kelamin dan Tempat Tinggal Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas “Y” Angkatan 2018-2020. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
|
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Bagan_Daftar_Grafik_Daftar_Singkatan_Daftar_Lampiran_Abstrak)
Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Bagan_Daftar_Grafik_DaftarSingkatan_Daftar_Lampiran_Abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
|
Text (BAB_I)
Bab_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (522kB) |
|
|
Text (BAB_II)
Bab_II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (627kB) |
|
|
Text (BAB_III)
Bab_III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (674kB) |
|
|
Text (BAB_IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (506kB) |
|
|
Text (Daftar_Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (574kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (831kB) |
Abstract
Untuk menjadi dokter yang baik diperlukan nilai akademis dan motivasi yang baik pula. Nilai akademik seorang mahasiswa dalam studi kedokteran menjadi salah satu penilaian kualifikasi yang signifikan untuk mengukur kapabilitas seorang dokter dan potensinya meraih keberhasilan dalam karirnya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil nilai mahasiswa kedokteran universitas Y dari ujian teori dan praktikum mata kuliah X pada angkatan 2018, 2019 dan 2020 dengan mengukur dan melihat distribusi nilai rata-rata mereka. Penelitian ini menerapkan metode cross-sectional dengan pendekatan retrospektif. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis terhadap hasil ujian teori dan praktikum mata kuliah X di Fakultas Kedokteran Universitas Y untuk mahasiswa angkatan 2018, 2019, dan 2020 berdasarkan jenis kelamin dan tempat tinggal mahasiswa. Populasi pada penelitian ini terdapat 364 data nilai teori dan praktikum pada mata kuliah X yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa perempuan mendapatkan nilai yang lebih baik daripada mahasiswa laki-laki. Selain itu, berdasarkan tempat tinggal, mahasiswa yang tinggal di rumah rata-rata meraih prestasi nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tinggal di indekos. Ditinjau dari distribusinya, nilai rata-rata teori dan praktikum mata kuliah X, berdasarkan jenis kelamin dan tempat tinggal tidak ada yang terdistribusi dengan normal. Berdasarkan uji pearson chi-square nilai rata-rata teori dan praktikum pada mata kuliah X dengan jenis kelamin didapatkan tidak ada hubungan, yaitu dengan nilai p=0,183 (teori) dan p= 0,510 (praktikum), lalu pada nilai rata-rata teori dan praktikum pada mata kuliah X dengan tempat tinggal didapatkan tidak ada hubungan, yaitu dengan nilai p=0,060 (teori) dan p=0,296 (praktikum). Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini adalah tidak ada perbedaan signifikansi antara jenis kelamin dan tempat tinggal dalam nilai teori dan praktikum pada mata kuliah X. Namun, mahasiswa perempuan memperoleh nilai yang lebih baik daripada mahasiswa laki-laki. / To become a good doctor, strong academic performance and motivation are essential. A student's academic record in medical studies is a significant factor in assessing a doctor's capabilities and potential for success in their future career. This study aims to determine the profile of students' grades from the theoretical and practical exams of Course X at University Y's School of Medicine for the 2018, 2019, and 2020 cohorts by measuring and examining their average grade distribution. The study utilized a cross-sectional method with a retrospective approach. In this study, the researcher analyzed the results of the theoretical and practical exams of Course X at the School of Medicine, University Y for the 2018, 2019, and 2020 cohorts based on students' gender and place of residence. The population of this study consisted of 364 data points on theoretical and practical grades in Course X that met the inclusion criteria. The results showed that female students performed better than male students. Additionally, based on place of residence, students who lived at home achieved higher average grades than those who lived in dormitories. In terms of distribution, the average grades of the theoretical and practical exams of Course X, based on gender and place of residence, were not normally distributed. Based on the Pearson chi-square test, there was no relationship between average grades of the theoretical and practical exams of Course X and gender, with p-values of 0.183 (theory) and 0.510 (practice), and between average grades of the theoretical and practical exams of Course X and place of residence, with p-values of 0.060 (theory) and 0.296 (practice). This study concludes that there is no significant difference between gender and place of residence in the grades of the theoretical and practical exams of Course X. However, female students obtained better grades than male students.
| Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | MEDICINE MEDICINE > Medicine (General) > General works |
||||||||
| Divisions: | FAKULTAS KEDOKTERAN > Pendidikan Dokter | ||||||||
| Depositing User: | Ms Restu Fatimatuzzahra | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:37 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 01:37 | ||||||||
| URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
