Tindakan Hukum Yang Diberikan Terhadap Penjual Melalui Jual Beli Media Internet Ditinjau Dari Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Simanjuntak, Yosua Arjunanta Alessandro (2019) Tindakan Hukum Yang Diberikan Terhadap Penjual Melalui Jual Beli Media Internet Ditinjau Dari Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text
Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
BAB_I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penulisan skripsi ini terkait perlindungan konsumen terhadap pelaksanaan jual beli melalui media internet dengan penerapan sanksi hukum bagi penjual atau produsen jika terjadinya perbuatan yang melanggar peraturan baik dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pada dasarnya perlindungan terhadap konsumen yang dijamin oleh undang-undang ini merupakan bagian dari kepastian hukum. Kepastian hukum itu meliputi segala upaya berdasarkan atas hukum untuk memberdayakan konsumen memperoleh atau menentukan pilihannya atas barang dan/atau jasa kebutuhannya serta mempertahankan atau membela hakhaknya apabila dirugikan oleh perilaku pelaku usaha penyedia kebutuhan konsumen. Pada Penelitian skripsi ini didasarkan pada suatu penelitian hukum dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Dalam penelitian hukum normatif penulis menggunakan metode penelitian pustaka yang didasarkan kepada penelitian kepustakaan dan dengan mempelajari bahanbahan hukum yang berupa, Bahan Buku Primer, Sekunder dan Tersier. Perlindungan hukum bagi para pihak dalam perjanjian jual beli melalui media internet meliputi perlindungan hukum dalam perjanjian yaitu perlindungan hukum yang dibuat oleh merchant dalam bentuk aturan yang telah disepakati kedua belah pihak dan perlindungan hukum yang berasal dari UU ITE Pasal 25 yang mengatur tentang privacy berupa data pribadi merchant dan customer. Implementasi yang berkaitan dengan sangsi hukum yang diterapkan dalam Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terkait jual beli melalui media internet jika terjadi pelanggaran oleh pelaku usaha terhadap konsumen mulai dari sangsi pidana maupun denda bagi para pelaku usaha belum terlaksana dengan baik dan maksimal sebagaimana yang sering terjadi dimasyarakat terkait maraknya perjanjian-perjanjian transaksi jual beli yang banyak merugikan konsumen dan luput dari tindakan aparat penegak hukum seperti adanya klausul-klausul yang melanggar aturan hukum jual beli serta pelanggaran lainnya yang berkaitan dengan penipuan akun media online shop baik jenis barang maupun akun pemilik pelaku usahanya. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Sanksi hukum Background of this thesis is related to consumer protection against the implementation of sales and purchase transaction through internet media with the application of legal agreements for sellers or producers requesting an agreement that discusses regulations in Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection and Law Number 11 of 2008 concerning Information and Electronic Transactions. Basically, protection of consumers approved by this law is part of legal certainty. Legal certainty that contains all about the law to empower consumers to obtain or determine their choice of goods and / or the needs of goods also maintain or obtain their rights can be referred to by the business assistance of service providers for consumer needs. This thesis discusses legal research using normative juridical. In normative legal research the author uses a library research method based on library research and with legal materials consisting of Primary Book, Secondary and Tertiary Materials. Legal protection for the parties in the sale and purchase agreement through the internet media includes legal protection in the agreement, namely legal protection made by merchants in the form of rules agreed upon by both parties and legal protection that comes from ITE Law Article 25 which regulates privacy in the form of personal data merchant and customer. The implementation is related to the legal sanctions applied Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection related to purchases through the internet if it is carried out by companies to consumers which often occur in the community related to the rise of agreements of sales and purchase transactions that are detrimental to consumers and escape from the actions of law enforcement officials such as clauses that oppose the legal rules of buying and selling also related to those related to online store media accounts, both types of goods and accounts of business owners. Keywords : consumer protection , legal punishment

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTobing, Gindo E.L.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNainggolan, AnthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: LAW > Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > Comparative law. International uniform law > Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law
LAW > Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > Comparative law. International uniform law > Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > Trade regulations. Control of trade practices
Divisions: FAKULTAS HUKUM > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 28 Feb 2020 08:25
Last Modified: 28 Feb 2020 08:25
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item