Perlindungan Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Jasa Endorsement Di Instagram

Simanjuntak, Putri Thio Artha (2019) Perlindungan Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Jasa Endorsement Di Instagram. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text
Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
BAB_I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang perlindungan konsumen terhadap strategi pemasaran dengan menggunakan jasa endorsement di Instagram. Dimana pelaku usaha melakukan kebohongan kualitas produk barang dan atau jasa yang ditawarkan tidak sesuai dengan perjanjian jual beli yang dilakukan oleh pelaku usaha dan konsumen serta tidak sesuai dengan apa yang dipromosikan atau diiklankan oleh selebriti endorsement. Selebriti endorsement yang mengetahui kebohongan atas kualitas barang dan atau jasa yang tidak sesuai dengan faktanya tetapi tetap bekerja sama dalam pembuatan promosi atau iklan produk tersebut dapat dikenai tuntutan dari konsumen asalkan konsumen dapat membuktikan bahwa selebriti endorsement ikut terlibat dalam kebohongan iklan yang dilakukan oleh pelaku usaha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang penulis pergunakan dalam penyusunan penulisan hukum ini adalah penelitian hukum normatif atau penelitian hukum kepustakaan, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Tanggung jawab pelaku usaha wanprestasi dapat dilakukan dengan melanjutkan/membatalkan perjanjian dan mengganti kerugian yang ditimbulkan akibat wanprestasi tersebut. Apabila terdapat pelanggaran terhadap hak-hak konsumen oleh pelaku usaha maka UUPK juga telah menyediakan lembaga penyelesaian sengketa antara pelaku usaha dengan konsumen yaitu BPSK atau dapat menyelesaikan sengketa melalui pengadilan. Kata Kunci : Hukum Perlindungan Konsumen, Jual Beli, Transaksi Elektronik (E-Commerce) In this study the author examines consumer protection against marketing strategies using endorsement services on Instagram. Where business people do lies the quality of goods and or services offered is not in accordance with the sale and purchase agreement carried out by business actors and consumers and is not in accordance with what is promoted or advertised by celebrity endorsement. Endorsement celebrities who know the lies of the quality of goods and or services that are not in accordance with the facts but still work together in making promotions or adverts for these products can be demanded by consumers as long as consumers can prove that endorsement celebrities are involved in advertising lies committed by business actors. This research is a type of research that the author uses in the preparation of writing this law is normative legal research or library legal research, namely legal research conducted by examining library materials or secondary data. The responsibility of a business actor in default can be carried out by continuing / canceling the agreement and replacing the losses incurred as a result of the default. If there is a violation of consumer rights by business actors, UUPK has also provided a dispute settlement institution between business actors and consumers, namely BPSK or can resolve disputes through the court. Keywords : Consumer Protection Law, Buying and Selling, Electronic Transactions (E-Commerce)

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPanjaitan, HulmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSurbakti, SangapUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Commerce > Business > Marketing. Distribution of products
SOCIAL SCIENCES > Sociology > Social change
LAW > Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > Comparative law. International uniform law > Commercial law
Divisions: FAKULTAS HUKUM > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 20 Feb 2020 08:57
Last Modified: 20 Feb 2020 08:57
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item