Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Mengajarkan Pengenalan Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Taman Kanak-Kanak

Vitri, Dian (2018) Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Mengajarkan Pengenalan Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Taman Kanak-Kanak. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (579kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (402kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (495kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (699kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (218kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (124kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (518kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Mengajarkan Pengenalan Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Taman Kanak- Kanak”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin pada anak K1 di TK Narada Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian berbentuk eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak K1D TK Narada Jakarta Barat yang berjumlah 21 anak. Instrumen penelitian berupa tes lisan hasil belajar anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi dalam mengajarkan pengenalan kosakata bahasa Mandarin pada anak TK dapat berpengaruh dalam perubahan hasil pembelajaran. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa efektivitas penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran pengenalan kosakata Bahasa Mandarin sebesar 82,35% lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Mandarin, anak mempunyai motivasi belajar yang lebih baik dari sebelumnya, adanya interaksi antara anak-anak dan guru. Kata kunci: Efektivitas, Metode Bernyanyi, Lafal, Kosakata, Bahasa Mandarin, Anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSulistyowati, DewiNIDN325128506dewi.sulistyowati@uki.ac.id
Thesis advisorFebritianti, Alrizni NadiaNIDN323028703alrizni.nadia@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 22 Jul 2023 08:19
Last Modified: 22 Jul 2023 08:19
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11853

Actions (login required)

View Item View Item