Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Di Masa Pandemi Covid 19 Dengan Model Discovery Learning

Tamaulina, Martha and Wahyuningtyas, Riska Septia and Silalahi, Marina (2022) Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Di Masa Pandemi Covid 19 Dengan Model Discovery Learning. Jurnal Bioeducation, 9 (1). pp. 38-46. ISSN 23564210

[img] Text
PENINGKATANHASILBELAJARKOGNITIFDIMASAPANDEMICOVID19DENGANMODEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Peerriview(Ibu Riska Septia))
PeerreviewPeningkatanHasilBelajarKogniktif.pdf

Download (290kB)
Official URL: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/bioed/i...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif dengan model discovery learning. (2) Menemukan perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dan menggunakan desain penelitian control group design dengan desain penelitian dibagi ke dalam dua kelompok yang diberi pretest dan posttest pada siswa kelas X SMAN 57 Semester II T.P 2020/2021. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 64 orang yang ditentukan dengan cluster random sampling pada kelas kontrol X MIPA II sebanyak 32 orang siswa menggunakan metode konvensional dan kelas X MIPA III sebagai kelas eksperimen menggunakan model-pembelajaran-discovery-learning-sebanyak-32-orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif pretest dan post test di masing masing kelas. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa : (1) Model discovery based learning memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar kognitif artinya hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan pada kelas ekspeirmen yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai post-test eksperimental 76,4844 berbanding dengan nilai post-test control sebanyak 67,0312. (2) Hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model discovery learning memiliki perbedaan nyata yang signifikan setelah diuji beda dengan SPSS. Perbedaan Langkah langkah pembelajaran yang diterapkan di discovery learning dibandingkan dengan kelas kontrol memberikan suasana belajar pada siswa yang lebih memotivasi dan asyik sehingga mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci: Model pembelajaran, discovery learning, hasil belajar kognitif. /The aims of this study are as follows: (1) To determine the effect of cognitive learning outcomes with the discovery learning model. (2) Finding differences in learning outcomes in the experimental class and the control class. The type of research used is quasi-experimental, and uses a control group design research design with the research design divided into two groups who are given a pretest and posttest to class X SMAN 57 Semester II T.P 2020/2021. The research sample consisted of two classes with a total sample of 64 people who were determined by cluster random sampling in the control class X MIPA II as many as 32 students using conventional methods and class X MIPA III as an experimental class using the 32 learning-discovery-learning model. -person. The research instrument was in the form of pretest and posttest cognitive learning outcomes tests in each class. Based on data analysis and hypothesis testing, it was found that: (1) The discovery based learning model has a positive influence on cognitive learning outcomes, meaning that students' cognitive learning outcomes have increased in the experimental class that was taught using the discovery learning model compared to students in the control class who used the discovery learning model. conventional learning model with an average experimental post-test score of 76.4844 compared to the post-test control score of 67.0312. (2) Cognitive learning outcomes of students who use the discovery learning model have a significant significant difference after being tested differently with SPSS Keywords: learning model, discovery learning, cognitive learning outcomes.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION > Education (General)
Depositing User: Ms Rosaliana Wati
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:21
Last Modified: 29 Jul 2022 08:42
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8577

Actions (login required)

View Item View Item