Students’ Perception on the Use of Role Play Technique in Twelfth Graders at SMU 93 Jakarta

Hasibuan, Luciana Christina (2018) Students’ Perception on the Use of Role Play Technique in Twelfth Graders at SMU 93 Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (962kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah mengenai persepsi siswa terhadap teknik bermain peran dalam belajar Bahasa Inggris khususnya dalam berbicara. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap teknik tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah explanatory mixed method, dengan responden penelitian berjumlah 30 orang siswa kelas 12 yang diambil dari Jurusan IPS dand Jurusan IPA SMA 93 Jakarta. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket yang terdiri dari 23 pernyataan yang merupakan data kuantitatif, sementara data kualitatif diambil dari dua pertanyaan terbuka dalam kuesioner dan wawancara yang terdiri dari 5 pertanyaan. Data kuantitatif (angket) diisi dengan menggunakan skala Likert dan dianalisis dengan menggunakan Ms. Excell 2010 sedangkan data wawancara dianalisis dengan teknik deskripsi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa partisipan tertarik, berminat dan merasa senang ketika melakukan role play. Persepsi mereka bahwa role play meningkatkan kemampuan berbicara, memperbanyak kosakata, dan mempraktekkan berbicara. Adapun saran dari siswa kepada guru dalam tehnik role play adalah agar teknik role play ini lebih sering dilakukan di kelas dan disertai persiapan waktu yang lebih baik. Kesimpulan bahwa teknik bermain peran sangat bagus diimplementasikan ketika belajar Bahasa Inggris khususnya dalam berbicara atau berkomunikasi. Kata kunci : implementasi, kemampuan berbicara, persepsi, tehnik role play

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 06 Mar 2019 04:26
Last Modified: 06 Mar 2019 04:26
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item