Magdalena, Yuni (2021) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII di SMP Negeri 117 Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarGambarDaftarTabelDaftarLampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (681kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (925kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (259kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (467kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (825kB) |
Abstract
Komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan ide atau pikiran yang diketahuinya melalui dialog atau hubungan yang terjalin di dalam atau luar kelas. Untuk mendukung berhasilnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam proses belajar mengajar, sebaiknya siswa perlu dibekali kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking (HOT) berupa soal atau materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 117 Jakarta dalam menyelesaikan soal higher order thinking (HOT) pada materi Pola Bilangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh berdasarkan dari hasil tes tertulis dan wawancara dengan beberapa siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOT diperoleh sebanyak 20% siswa mampu memenuhi indikator 1, sebanyak 29% siswa mampu memenuhi indikator 2, sebanyak 46% siswa mampu memenuhi indikator 3, dan sebanyak 46% siswa mampu memenuhi indikator 4. Adapun hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOT diperoleh sebanyak 58,06% siswa dalam menyelesaikan soal masuk dalam kriteria sedang, sebanyak 25,81% masuk dalam kriteria tinggi, dan sebanyak 16,13% siswa masuk dalam kriteria rendah. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa disarankan agar guru mulai membiasakan siswa dengan memberikan soal-soal latihan mengenai kemampuan komunikasi matematis terkait HOT, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, HOT
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION EDUCATION > Theory and practice of education SCIENCE SCIENCE > Mathematics |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Users 1246 not found. | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2021 06:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2021 06:39 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5454 |
Actions (login required)
View Item |