Utami, Natalia Ayu Mega (2021) Analisis Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Di SMP Santa Maria Monica. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (645kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (337kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (562kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi. Penyelidikan ini akan menentukan tingkat kemandirian belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas VII SMP Santa Maria Monica. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif dan menggunakan pendekatan mix method. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemandirian belajar siswa kelas VII pada pembelajaran matematika berbasis daring sebesar 71,40% dengan kategori sedang. Dimana untuk mengukur tingkat kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika secara daring terdiri dari enam indikator. Pada indikator ketidakbergantungan dengan orang lain sebesar 77,13% dengan kategori tinggi, indikator memiliki kepercayaan diri sebesar 67,45% dengan kategori sedang, indikator berperilaku disiplin sebesar 74,39% dengan kategori sedang, indikator memiliki sikap tanggung jawab sebesar 72,87% dengan kategori sedang, indikator berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri sebesar 59,25% dengan kategori rendah, dan indikator melakukan kontrol diri sebesar 77,32% dengan kategori tinggi. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa kelas VII pada pembelajaran matematika berbasis daring terdiri dari faktor internal sebesar 73,97% dengan kategori sedang yang meliputi faktor fisiologis sebesar 76,83% dan faktor psikologis sebesar 71,11%. Kemudian faktor yang kedua yaitu faktor eksternal sebesar 77,63% dengan kategori tinggi yang meliputi faktor sosial sebesar 77,62% dan faktor non sosial sebesar 77,64%. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor eksternal mempengaruhi kemandirian belajar siswa kelas VII pada pembelajaran matematika berbasis daring secara dominan dibandingkan faktor internal dan tingkat kemandirian siswa sudah cukup baik. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Pembelajaran Matematika, Daring / This study aims to determine student learning independence in online mathematics learning during the pandemic. This study will determine the level of learning independence and the factors that influence it. The subjects in this study were seventh grade students of Santa Maria Monica Junior High School. This study uses an exploratory method and uses a mix method approach. Data collection techniques in this study used questionnaires and interviews. The results showed that the level of learning independence of class VII students in online-based mathematics learning was 71,40% in the medium category. Where to measure the level of student learning independence in online mathematics learning consists of six indicators. The indicator of independence from others is 77,13% in the high category, the indicator has self-confidence of 67,45% in the medium category, the indicator of disciplined behavior is 74,39% in the medium category, the indicator has a responsible attitude of 72,87% in the medium category, the indicator of behavior based on self-initiative is 59,25% with the low category, and the indicator of exercising self-control is 77,32% with the high category. Then the factors that affect the learning independence of class VII students in online-based mathematics learning consist of internal factors of 73,97% with a medium category which includes physiological factors of 76,83% and psychological factors of 71,11%. Then the second factor, namely external factors of 77,63% with a high category which includes social factors of 7,62% and non-social factors of 77,64%. So it can be concluded that external factors affect the learning independence of class VII students in online-based mathematics learning dominantly compared to internal factors and the level of student independence is quite good. Keywords: Independent Learning, Mathematics Learning, Online
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION SCIENCE > Mathematics |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Users 1223 not found. | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2021 07:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2021 07:59 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5410 |
Actions (login required)
View Item |