Peranan Model Pembelajaran Sentra Dalam Mengembangkan Sikap Mandiri Siswa TK B Di TK Pembangunan Jaya

Yulianti, Lia (2019) Peranan Model Pembelajaran Sentra Dalam Mengembangkan Sikap Mandiri Siswa TK B Di TK Pembangunan Jaya. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarGambarDaftarLampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan sikap mandiri siswa TK B di TK Pembangunan Jaya. Selain itu penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana implikasi hasil penelitian sebagai model pembelajaran yang efektif digunakan pada Taman Kanak-kanak dan sekolah sederajat lainnya. Adapun permasalahan utama dalam masalah ini adalah (1) Bagaimana peranan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan sikap mandiri pada siswa TK B di TK Pembangunan Jaya? (2) Apakah faktor penghambat model pembelajaran sentra dalam mengembangkan sikap mandiri siswa TK B di TK Pembangunan Jaya? (3) Bagaimana dampak dari peranan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan sikap mandiri siswa TK B di TK Pembangunan Jaya?. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang tepat dan sesuai terutama dalam menggunakan model pembelajaran sentra. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan sumber data sebanyak 1 orang Kepala Sekolah, 13 orang guru dan 15 orangtua murid. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sentra mampu mengembangkan sikap mandiri siswa TK B di TK Pembangunan Jaya. Manfaat hasil penelitian ini adalah mengembangkan sikap mandiri siswa TK Pembangunan Jaya dan manfaat yang paling dirasakan dalam penggunaan model pembelajaran sentra adalah siswa lebih mandiri, percaya diri dan menjadi pribadi yang berani. Kata kunci : Model pembelajaran sentra, sikap mandiri / This research aims to know the role of sentra learning model in developing the independent attitude of TK B students in TK Pembangunan Jaya. In addition, this research also wants to know how the implications of research results as a learning model are effectively used in TK Pembangunan Jaya and other equal schools. As for the main problem in this issues is (1) how is the role of sentra learning model in developing the independent attitude of TK B students in TK Pembangunan Jaya? (2) what is the inhibitor factor of sentra learning model in developing the independent attitude of TK B students in TK Pembangunan Jaya? (3) how is the impact of sentra learning model in developing the independent attitude of TK B students in TK Pembangunan Jaya?. Therefore needed a proper and suitable learning model especially in using sentra learning model. Method uses in this research is qualitative descriptive, and data collection techniques with interviews, observation, and documentation. With data sources of the school principal, 13 teachers, and 15 student’s parents. The result can be concluded that the sentra learning model is able to develop independent attitude of TK B students in TK Pembangunan Jaya. The benefits of this research is to develop the independent attitude of TK Pembangunan Jaya’s students. And the most felt benefits in the use of sentra learning models are students becoming more independent, confident, and have a brave personality. Keyword: Sentra learning model, independent attitude

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKailola, Lisa GraciaNIDN312097004lisa.gracia@uki.ac.id
UNSPECIFIEDSimbolon, Bintang R.NIDN320086508bintang.simbolon@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:48
Last Modified: 13 Aug 2021 03:48
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item