MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND MATHEMATICS)

Lumbantobing, Septina Severina and Azzahra, St Fatimah (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND MATHEMATICS). Jurnal Dinamika Pendidikan, 13 (3). 393 -400. ISSN 2620 3952

[img] Text
MENINGKATKANKEMAMPUANBERPIKIRKREATIFSISWADALAMMENGHADAPIREVOLUSIINDUSTRI40.pdf

Download (352kB)
[img] Text (Reviewer)
PenilaianReviewerMENINGKATKANKEMAMPUANBERPIKIRKREATIFSISWADALAMMENGHADAPIREVOLUSIINDUSTRI40.pdf

Download (423kB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran IPA dengan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama YWPM Jakarta semester 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group pretest posttest group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kreatif materi pelajaran pesawat sederhana berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Aspek keterampilan berpikir kreatif yang diujur terdiri dari aspek kefasihan, fleksibilitas, rasional dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat 0,57 pada kategori sedang. Untuk 4 aspek kemampuan penalaran yang diteliti terjadi peningkatan aspek kefasihan sebesar 46%, aspek fleksibilitas sebesar 64%, aspek rasional sebesar 87% dan aspek elaborasi sebesar 78%

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:57
Last Modified: 23 Feb 2021 04:57
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item