Pengaruh Kompetensi Guru Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N. 26 Kelas

Pingge, Freviyani Umbu (2014) Pengaruh Kompetensi Guru Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N. 26 Kelas. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Lampiran_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarLampiranDaftarTabelDaftarGambar.pdf

Download (991kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (58kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (39kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (62MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh Kompetensi Guru dan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 26 kelas VIII Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 26 Jakarta Timur Kelas VIII. Metode yang digunakan adalah metode exspost facto dengan jumlah populasi 93 siswa dan di ambil secara acak. Kelas untuk uji coba dengan responden 33 siswa sedangkan sebagai kelas penelitian dengan responden 60 siswa. Instrumen Kompetensi Guru, Kedisiplinan Siswa dan soal Hasil Belajar di ujicobakan pada sekolah yang sama, yakni kelas VIII diluar responden penelitian. Untuk memperoleh soal yang valid digunakan rumus korelasi product moment. Dengan menggunakan rumus Chrombach’s Alpha, diperoleh koefisien reliabilitas Kompetensi Guru sebesar 0,856, Kedisiplinan Siswa sebesar 0,925 dan Hasil Belajar Matematika SMP N. 26 Jakarta Timur sebesar 0,852. Dengan koefisien tersebut berarti setiap instrument layak digunakan untuk penelitian. Untuk uji kenormalan data diuji dengan menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui apakah sampel penelitian berasal dari populasi berdistribusi normal atau tidak. Dari hasil perhitungan, instrumen Kompetensi Guru didapat Lhitung sebesar 0,0427, dengan Ltabel sebesar 0,1143 untuk instrumen Kedisiplinan Siswa didapat Lhitung sebesar 0,1072, dengan Ltabel sebesar 0,1143. Sedangkan instrumen hasil belajar matematika didapat Lhitung sebesar 0,0974 dengan Ltabel sebesar 0,1143. Karena ketiga instrumen Lhitung Ltabel, maka ketiga instrumen berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Analisis regresi linier ganda antara Kompetensi Guru dan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa adalah ̂ = 61.020 + 0.422X1 + 0.400X2, bentuk regresi linier ganda ini berarti karena Fhitung = 8.574 dan Ftabel = 3.15. Analisis regresi linier sederhana antara kompetensi Guru terhadap hasil belajar Matematika siswa adalah ̂ = 16.341 + 0.41 regresi linier karena Fhitung = - 0.6338 Ftabel =1.849 dan regresi berarti karena Fhitung = 7.571 Ftabel = 4.00 pada = 0.05. Analisis regresi linier sederhana antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa adalah ̂ = 13.802 + 0.39 regresi ini linier karena Fhitung = -0.589 Ftabel =1.849 dan regresi berarti karena Fhitung = 7.253 Ftabel = 4.00 pada taraf = 0.05. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0.480 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sedang antara ketiga variabel. Selanjutnya dilakukan analisis koefisien determinasi untuk mengukur besarnya pengaruh Kompetensi Guru dan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika, dan hasil perhitungannya diperoleh 23.04%. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kompetensi Guru dan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 26 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorManullang, BitmanNIDN322055701UNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
SCIENCE > Mathematics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 27 Jan 2021 08:07
Last Modified: 27 Jan 2021 08:07
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3181

Actions (login required)

View Item View Item