Manao, Jeya Rednam (2019) Pemanfaatan Aplikasi Kelas Kita Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Pusaka 1 Jakarta T.A 2018/2019. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Download (421kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat peningkatan motivasi belajar kimia siswa melalui pemanfaatan aplikaksi KelasKita, (2) mengetahui berapa besar peningkatan motivasi belajar kimia siswa melalui pemanfaatan aplikasi KelasKita. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Pusaka 1 Jakarta semester II Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 44 siswa yang ditentukan dengan purposive sampling, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan memanfaatkan aplikasi KelasKita dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa memanfaatkan aplikasi apapun. Instrumen penelitian berupa angket dengan jumlah 13 butir pernyataan, dengan skala pengukuran menggunakan skala likert jumlah pilihan jawaban sebanyak 4 pilihan dari tidak pernah sampai sangat setuju. Uji persyaratan analisis dengan menggunakan data pre nontest menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan bersifat homogen. Uji hipotesis yang dilakukan dengan uji parametrik yaitu uji paired sample t test pada taraf signifikan 0.05 dengan bantuan SPSS for Windows Versi 22.0. Hasil penelitian ini memperoleh thitung (5.778) > ttabel (2.416) dan sig. 0.00 < 0.05. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar kimia siswa melalui pemanfaatan aplikasi KelasKita. Berapa besar peningkatan motivasi belajar kimia siswa melalui pemanfaatan aplikasi KelasKita dengan menggunakan uji gain diperoleh hasil sebesar 0.478 pada kategori sedang. Kata kunci : aplikasi, kelaskita, kimia koloid, media, motivasi belajar. This research aims to: (1) determine whether there is an increase in students’ motivation to learn chemistry through the utilization of the KelasKita application, (2) know how much chemistry learning motivation improve by use KelasKita Application. The design of this research uses nonequivalent control group design. The study population was all students of class XI at Pusaka 1 Jakarta High School in the second semester of the Academic Year 2018/2019. The study sample consisted of two classes with a sample of 44 students determined by purposive sampling, while class 11 Science 3 as an experimental class with 22 students treated by using a guided inquiry learning model with KelasKita applications and class 11 Science 1 as a class control with 22 students who use a guided inquiry learning model without utilizing any application. The research instrument was in the form of a questionnaire with a number of 13 items of statements, with the scale of measurement using the likert scale the number of answer choices as many as 4 choices from never to very agree. Test requirements analysis using pre nontest data shows that data is normally distributed and homogeneous. Hypothesis testing conducted by parametric test is a paired sample t test at a significant of 0.05 with the help of SPSS for Windows Version 22.0. The results of this research obtained tcount (5.778) > ttable (2.416) and sig. 0.00 < 0.05. Based on data analysis and hypothesis testing conducted, it was found that there was an increase in students’ chemistry learning motivation through the use of KelasKita applications. How much is the increase in students’ chemistry learning motivation through the utilization of the KelasKita application by using the gain test obtained 0.478 results in the medium category. Keyword : application, colloid chemistry, kelasita, media, motivation to learn.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION EDUCATION > Theory and practice of education |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Kimia | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Alexander Jeremia | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2021 05:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2021 05:51 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3119 |
Actions (login required)
View Item |