Analisis Kreativitas Siswa yang di Belajarkan Melalui Implementasi Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Local Wisdom

Kumala, Kumala (2023) Analisis Kreativitas Siswa yang di Belajarkan Melalui Implementasi Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Local Wisdom. S1 thesis, Univeristas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Singkat_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarSingkatDaftarLampiranAbstrak..pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (911kB)
[img] Text (BAB_I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (216kB)
[img] Text (BAB_II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (285kB)
[img] Text (BAB_III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (272kB)
[img] Text (BAB_IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (427kB)
[img] Text (BAB_V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (74kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (227kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi yang kursial pada abad 21 adalah 4C (Critical Thinking and Problem Solving, communication, Collaboration, Creativity and Inovation), salah satu dari empat kompetensi 4C yaitu Creativity and Inovation merupakan hal yang sangat Esensial dalam dunia Pendidikan. Menurut Laporan Global Creativity Index 2021 kreativitas siswa Indonesia tergolong ke dalam kategori rendah sama halnya di SMAN 71 Jakarta siswa sudah memiliki tingkat kreativitas tertentu namun harus ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kreativitas, berdasarkan 4 dimensi kreativitas siswa yang dibelajarkan melalui implementasi pembelajaran inovatif berbasis local wisdom pada pokok bahasan asam basa di SMAN 71 Jakarta. Penelitian ini yakni penelitian pre-eksperimen mengunakan desain penelitian one-shot case study research desing pada satu kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang yang dipilih mengunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kreativitas, berdasarkan 4 dimensi kreativitas siswa yang dibelajarkan melalui implementasi pembelajaran inovatif berbasis projek local wisdom pada materi asam dengan diperolehnya nilai sig. < 0.05 dan untuk melihat apakah terdapat pengaruh masing-masing dimensi kreativitas terhadap kreativitas siswa SMA Negeri 71 Jakarta pada materi asam basa yang dilihat melalui uji univariat, nilai sig. yang diperoleh dimensi Press 0.004, Person 0.010 dan Product 0.043 hasil menunjukan bahwa nilai sig. < 0.05 maka ada pengaruh dimensi Press, Person dan Product terhadap kreativitas siswa. Berbeda dengan dimensi process nilai sig. yang diperoleh yaitu 0.056 > 0.05 menunjukan bahwa tidak terddapat pengaruh dimensi process terhadap kreativitas. Kata Kunci : Kompetensi 4C, Dimensi Kreativitas, Pembelajaran Inovatif Projek Local Wisdom. / Kompetensi yang kursial pada abad 21 adalah 4C (Critical Thinking and Problem Solving, communication, Collaboration, Creativity and Inovation), salah satu dari empat kompetensi 4C yaitu Creativity and Inovation merupakan hal yang sangat Esensial dalam dunia Pendidikan. Menurut Laporan Global Creativity Index 2021 kreativitas siswa Indonesia tergolong ke dalam kategori rendah sama halnya di SMAN 71 Jakarta siswa sudah memiliki tingkat kreativitas tertentu namun harus ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kreativitas, berdasarkan 4 dimensi kreativitas siswa yang dibelajarkan melalui implementasi pembelajaran inovatif berbasis local wisdom pada pokok bahasan asam basa di SMAN 71 Jakarta. Penelitian ini yakni penelitian pre-eksperimen mengunakan desain penelitian one-shot case study research desing pada satu kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang yang dipilih mengunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kreativitas, berdasarkan 4 dimensi kreativitas siswa yang dibelajarkan melalui implementasi pembelajaran inovatif berbasis projek local wisdom pada materi asam dengan diperolehnya nilai sig. < 0.05 dan untuk melihat apakah terdapat pengaruh masing-masing dimensi kreativitas terhadap kreativitas siswa SMA Negeri 71 Jakarta pada materi asam basa yang dilihat melalui uji univariat, nilai sig. yang diperoleh dimensi Press 0.004, Person 0.010 dan Product 0.043 hasil menunjukan bahwa nilai sig. < 0.05 maka ada pengaruh dimensi Press, Person dan Product terhadap kreativitas siswa. Berbeda dengan dimensi process nilai sig. yang diperoleh yaitu 0.056 > 0.05 menunjukan bahwa tidak terddapat pengaruh dimensi process terhadap kreativitas. Kata Kunci : Kompetensi 4C, Dimensi Kreativitas, Pembelajaran Inovatif Projek Local Wisdom   ABSTRACT Cursive competencies in the 21st century are 4C (Critical Thinking and Problem Solving, communication, Collaboration, Creativity and Innovation), one of the four 4C competencies namely Creativity and Innovation is very essential in the world of Education. According to the 2021 Global Creativity Index Report, the creativity of Indonesian students is classified as low as in SMAN 71 Jakarta, students already have a certain level of creativity but must be improved again. The purpose of the research was to determine whether there are differences in creativity, based on 4 dimensions of student creativity learned through the implementation of innovative learning based on local wisdom on the subject of acid-base at SMAN 71 Jakarta. This study is a pre-experimental study using a one-shot case study research design in one experimental class with a total of 36 students selected using saturated sample techniques. The results showed that there were differences in creativity, based on 4 dimensions of student creativity learned through the implementation of innovative learning based on local wisdom projects on acid material with sig scores obtained. < 0.05 and to see if there is an influence of each dimension of creativity on the creativity of SMA Negeri 71 Jakarta students on acid-base material seen through univariate tests, Sig value. obtained dimensions Press 0.004, Person 0.010 and Product 0.043 results show that the value of sig. < 0.05 then there is an influence of the dimensions of Press, Person and Product on student creativity. In contrast to the process dimension, the value of sig. obtained which is 0.056 > 0.05 shows that there is no influence of the process dimension on creativity. Keywords: 4C Competence, Creativity Dimension, Innovative Learning Local Wisdom Project

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurba, Leony Sanga LamsariNIDN0327078901leony51@yahoo.com
Thesis advisorSormin, ElferidaNIDN0311018101elferida.sormin@uki.ac.id
Additional Information: Nomor Panggil : T.A 372.357 Kum a 2023
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
EDUCATION > Theory and practice of education > Teaching (Principles and practice)
EDUCATION > Theory and practice of education > Education and training of teachers and administrators
EDUCATION > Theory and practice of education > School administration and organization
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 3817 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2023 10:46
Last Modified: 16 Jan 2024 02:12
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/12672

Actions (login required)

View Item View Item