Tyas, Eden Handayani (2013) Dunia Pendidikan Di Abad Ke 21 Perlu Guru Profesional. In: Prosiding Seminar Nasional Politik Pendidikan Nasional Dalam Tantangan. Universitas Negeri Yogyakrta, Yogyakrta, pp. 81-86. ISBN 978 602 96172 7 6
|
Text
Artikel.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
Peer_Review.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abad 21 dikenal sebagai abad informasi. Manusia hidup tidak cukup hanya dengan makan (makanan jassmani), melainkan informasi juga merupakan salah satu asupan yang harus dikonsumsi setiap manusia. Dunia pendidikan adalah urat nadi kemajuan bangsa dan negara. Apabila dunia pendidikan ada ditangan pendidik yang tidak profesional, dapat dibayangkan kehancuran sudah pasti didepan mata. Tuntutan profesionalitas seorang guru dalam menjalankan tugasnya mutlak diperlukan, sebab sekali salah mengajar, dampaknya akan menghancurkan beberapa generasi kedepan. Begitu strategis dan vitalnya peran guru di Indonesia. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi bangsa yang tidak ingin tertinggal di kancah pertcaturan dunia yang serba cepat ini. Nantinya pendidikan tidak hanya berkutat pada arena lokal saja, melainkan pendidikan harus mampu menjawab tantangan global. Sekolah dan institusi pendidikan lainnya harus merupakan kawah candradimuka yang mempunyai misi penting untuk mengentaskan peserta didiknya menjadi manusia seutuhnya. Pendidikan yang berhasil tentu tidak lepas dari tangan-tangan piawai para pendidik yang profesional. Pendidik dan peserta didik ibarat dua sumpit yang bekerja bersama-sama dan bersinergi (two chopstick). Keduanya harus sama-sama berkompeten dalam hal teknologi khususnya teknologi informasi, mampu berpikir menerobos (think out of the box), kreatif dan inovatif, serta mampu mengemas pembelajaran yang menyenangkan (PAIKEM). Indonesia harus bertindak cepat dengan mendidik dan melatih guru-gurunya menjadi profesional untuk menjawab tantangan abad 21. Kata kunci: Guru, Profesional, Pendidikan, Abad 21.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | EDUCATION EDUCATION > Theory and practice of education > Education and training of teachers and administrators > Teacher training in universities and colleges |
Depositing User: | Ms Sari Mentari Simanjuntak |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 06:30 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 06:30 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/883 |
Actions (login required)
View Item |