Memenuhi Kebutuhan Sumber daya Manusia Ungguldi Era Revolusi lndustri 4.0 Melalui Pendidikan Karakter

Tyas, Eden Handayani (2018) Memenuhi Kebutuhan Sumber daya Manusia Ungguldi Era Revolusi lndustri 4.0 Melalui Pendidikan Karakter. In: Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers "Membangun lndonesia Di Era Revolusi lndustri4.0". Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, pp. 7-13. ISBN 978 979 8148 79 8

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer_Review)
Peer_review.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia yang hidup di abad 21 ini sudah berada di Era Revolusi Industri 4.0. Segalanya sudah berubah, terutama pola pikir dan tindak harus serba cepat dan tepat. Melalui pendidikan yang baik dan benar pasti akan dihasilkan manusia-manusia yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur. Pendidikan karakter saat ini hanya dikemas dan disajikan di dalam kelas, diajakan di kelas, kurang keteladanan, lalu diuji dan kemudian dinyatakan lulus, selanjutnya dianggap selesai. Pendidikan karakter tidak hanya dilakukan oleh seorang guru, melainkan orang tua juga, karena pendidikan itu dimulai sejak bakal manusia berada dalam kandungan ibu dan berlangsung sepanjang hayat. Tujuan penulisan ini untuk menguraikan dan menjelaskan begitu pentingnya pendidikan karakter bagi setiap peserta didik yang harus dimulai sejak usia dini. Karakter adalah keutuhan seluruh perilaku hasil pengaruh faktor endogen (genetik) dan faktor eksogen, yang terpatri dalam diri yang membedakan individu atau kelompok individu yang satu dari yang lainnya. Metode penulisan ini menggunakan kajian pustaka, jurnal ilmiah yang berkaitan langsung dengan topik penelitian ini dengan pendekatan deskriptif teoretik. Karakter baik dimanifestasikan dalam kebiasaan baik dan kebajikan dalam hidup sehari-hari, seperti: pikiran baik, hati baik, dan tingkah laku baik. Karakter bersifat memancar dari dalam (inside-out), dalam arti, bahwa kebiasaan baik dilakukanbukan atas permintaan, atau tekanan dari orang lain, namun atas kesadaran dan kemauan sendiri. Karakter adalah sesuatu yang terlihat, merupakan bentuk perilaku konkret, atau penerapan dari moral. Kepada seluruh peserta didik hendaknya diajarkan untuk menjadi generasi yang jujur, disiplin, bertanggung jawab, mandiri, cendikia, inovatif dan antisipatif. Seorang individu harus mengetahui, memiliki keinginan, dan melakukan hal yang benar agar tercipta kebiasaan (habit) yang baik dipikiran, di hati, dan di perilaku. Temuan dari tulisan ini bahwa untuk memenuhi kebutuhan SDM unggul di Era Revolusi Indutri 4.0 di Indonesia perlu diajarkan lewat pendidikan karakter, baik secara formal, non formal dan in formal Kata kunci: sumber daya manusia unggul, pendidikan karakter, pendidik, Peserta didik, era revolusi industri 4.0

Item Type: Book Section
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education > Types of education > Industrial education (General)
EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Moral education. Character building
Depositing User: Ms Sari Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:09
Last Modified: 12 Sep 2019 06:09
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item