Conceptual Blending Dalam Kalimat Jenaka Bahasa Jawa

Wulandari, Zindi Nadya (2022) Conceptual Blending Dalam Kalimat Jenaka Bahasa Jawa. Dialekita: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 9 (1). pp. 68-82. ISSN 27981371

[img] Text
ConceptualBlendingDalamKalimatJenaka.pdf

Download (294kB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/dia

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan makna dari kalimat jenaka digunakan oleh masyarakat suku Jawa dalam bertutur sehari-hari. Data dalam penelitian berupa data tertulis yang dikutip dari laman internet. Peneliti menggunakan teknik catat yang digunakan untuk mencatat kalimat jenaka bahasa Jawa yang akan dianalisa.Kemudian data tersebut dianalisa menggunakan teori konseptual blending oleh Fauconnier. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa kalimat jenaka dalam bahasa Jawa tak jarang mengandung kosa kata yang bermakna ganda dan makna yang terkandung dalam kalimat jenaka tersebut cenderung bersifat implisit atau tersirat Selain itu, kalimat jenaka dalam bahasa Jawa juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengungkapkan isi hati bahkan sebagai kalimat sindiran.Kata kunci:kalimat jenaka, bahasa Jawa, blending konseptual. /This study is a qualitative research that aims to reveal the meaning of witty sentences used by Javanese people in daily speech. The data in the study are written data quoted fromtheinternet pages. The researcher uses a note-taking technique that is used to record the Javanese humorous sentences that will be analyzed. Then the data was analyzed using the conceptual blending theory by Fauconnier. The results of the data analysis show that witty sentences in Javanese often contain vocabularies that have multiple meanings and the meanings contained in these witty sentences tend to be implicit or impliedas a satire.Keywords:witty sentences, Javanese, conceptual blending

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Ms Rosaliana Wati
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:58
Last Modified: 29 Jul 2022 08:40
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8565

Actions (login required)

View Item View Item