PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADUKAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING QUESTION AND ANSWERING (RQA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Lumbantobing, Septina Severina and Faradiba, Faradiba and Harefa, Mei Krisdayanti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADUKAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING QUESTION AND ANSWERING (RQA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL IPA X 2018 “INOVASI PEMBELAJARAN IPA MENUJU PEMBENTUKAN KARAKTER KEBANGSAAN”. Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNY, Yogyakarta, pp. 141-145. ISBN 978 602 72619 3 8

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Pendidikan IPA 2018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa dengan menerapakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dipadukan dengan strategi pembelajaran reading, question and answering (RQA). Penelitian dilakukan menggunakan metode eskperimen semu dengan desain penelitian randomized control group pretest-posttest design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA N 9 Jakarta dengan sampel sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik sampel cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif yang dilakukan sebanyak dua kali yakni pada saat tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik pengolah dan analisis data dilakukan dengan bantuan software Statistical Package Social Science (SPSS) versi 21.Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dipadukan dengan strategi pembelajaran reading question answering (RQA) mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa secara signifikan.

Item Type: Book Section
Subjects: EDUCATION > Special aspects of education > Types of education > Basic education. Basic skills education
Depositing User: Mr. Admin Repository
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:30
Last Modified: 15 Feb 2021 02:23
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item